Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas Guguran, Petugas dan Relawan Selamatkan Diri

Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas Guguran, Petugas dan Relawan Selamatkan Diri
Awan panas guguran (APG) Gunung Semeru dilaporkan kembali menerjang pada Kamis (16/12/2021). Sejumlah relawan berlarian turun dari lokasi bencana letusan. (tangkapan layar instagram)

WJtoday, Bandung -  Awan panas guguran (APG) Gunung Semeru dilaporkan kembali menerjang pada Kamis (16/12/2021). Sejumlah relawan berlarian turun dari lokasi bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. 

Mereka berupaya menyelamatkan diri dari awan panas Gunung Semeru.  Peristiwa relawan dan warga yang berlarian tersebut terekam dalam sebuah video amatir. 

Dalam video terlihat sejumlah relawan dan warga panik. Tampak pula sejumlah kendaraan berat menjauh dari lokasi guguran awan panas.

“Tadi sekitar pukul 09.30 WIB terjadi awan panas guguran (APG) lagi,” kata Ketua Badan Rescue Nasdem Jember David Handoko Seto yang berada di lokasi bencana Semeru  via telepon, seperti dikutip kompas.com.

Baca juga: Anggota DPR Kecewa tak Ada Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

Menurut dia, munculnya awan panas guguran sudah diprediksi karena pada malam harinya di kawasan tersebut hujan. 

“Ketika teman-teman tadi ada di lokasi pencarian, semua kru ditarik kembali,” ucap dia. Dia menilai APG tersebut sangat berbahaya bila relawan tidak ditarik. 

Sebab, kecepatan APG tersebut bisa mencapai 10 kilometer per detik.  ***