Gubernur Minta Wali Kota Sediakan Ruang Publik bagi Anak Muda Berkreasi dan Berekspresi

Gubernur Minta Wali Kota Sediakan Ruang Publik bagi Anak Muda Berkreasi dan Berekspresi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepada wali kota agar menyediakan ruang-ruang publik bagi anak-anak muda untuk berkreasi dan berekspresi. (istimewa)

WJtoday, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepada wali kota agar menyediakan ruang-ruang publik bagi anak-anak muda untuk berkreasi dan berekspresi.

Hal tersebut dikemukakan gubernur saat menjadi pembicara Talkshow Youth City Changers (YCC) di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kota Padang.

"Sebagai mantan wali kota, (saya) melihat anak-anak muda yang berkomunitas itu bibit-bibit masa depan, yang seringkali kotanya kita pahami tidak menyediakan ruang-ruang aspirasi sehingga direbut cita-citanya," ujr Ridwan Kamil dalam keterangan persnya, Senin (8/8/2022).

YCC merupakan salah satu kegiatan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2022.

Ridwan Kamil menuturkan pemuda yang aktif dalam komunitas berpotensi memiliki masa depan yang cerah. Hal itu karena mereka mempunyai ruang untuk berkreasi sekaligus mengekspresikan diri.

"Sekali lagi, pesan saya kepada seluruh wali kota, sediakanlah ruang-ruang publik yang baik, biarkan anak muda berkreasi, berekspresi." kata Emil, sapaan gubernur.

"Kemudian, bikin gedung-gedung kreatif supaya dari ekspresi jadi ekonomi. Kalau mereka bisa sejahtera dari ekonominya, kota-kota itu akan luar biasa," dia menambahkan.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang hadir dalam YCC mengatakan bahwa generasi muda harus produktif dan memiliki "road map" untuk masa depan yang cerah.

"Saatnya kita Indonesia dengan generasi mudanya yang punya keterampilan, 'knowledge', kreatif yang luar biasa, tidak hanya berpikir untuk dalam negeri, tetapi saatnya sekarang kita menyerbu global internasional," sebut Zulkifli.

"Pesan kami untuk anak-anak muda, hiduplah yang produktif, bikin rencana kerja, 'road map' anda mau apa, tekuni, kerja keras, dan saya percaya masa depan Indonesia ada di tangan saudara-saudara," imbuhnya.  ***