Gubernur dan Budayawan Sunda Sepakat Lestarikan Karya Pujangga di Majalah Mangle

Gubernur dan Budayawan Sunda Sepakat Lestarikan Karya Pujangga di Majalah Mangle
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sepakat dengan budayawan Sunda untuk melestarikan karya pujangga berupa pantun, puisi hingga prosa di Majalah Mangle. (humas jabar)

WJtoday, Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sepakat dengan budayawan Sunda untuk melestarikan karya pujangga berupa pantun, puisi hingga prosa di Majalah Mangle. 

Hal itu bertujuan untuk menguatkan kebudayaan Jabar. Menurut Ridwan Kamil Jabar harus menjadi yang terdepan dalam melestarikan identitas yang ada.  

"Saya laporkan juga mayoritas 90 persen berita baik, pembangunan pusat budaya termasuk pantun, puisi, prosa kakek saya di lestarikan di Majalah Mangle. Nanti akan menjadi contoh bagaimana pelestarian itu menjadi bagian dari masa depan," ujar Ridwan Kamil di Gedung Kesenian Sunan Ambu ISBI Bandung, Rabu (11/5/2022). 

Menurutnya, pandemi yang melandai harus jadi momentum menguatkan kembali persaudaraan tokoh-tokoh budayawan Sunda secara lebih langsung. 

"Tokoh-tokoh budaya sempat terkendala karena Covid-19 dan alhamdulillah bisa lancar dan tadi (dalam) pidato (budayawan mengatakan agar) menguatkan kebudayaan Jawa Barat sebagai identitas harus berani berikhtiar," ucapnya. 

Pertemuan Emil dengan budayawan Sunda untuk mempererat kekompakan yang sudah berlangsung sejak lama. Untuk itu Gubernur berharap pertemuan dapat dilakukan dengan lebih intens di masa mendatang. 

"Silaturahmi ini terjalin karena kebetulan tokoh-tokoh Sunda lagi kompak-kompaknya," pungkasnya.   ***