OLIMPIADE TOKYO 2020

Greysia/Apriyani Catatkan Rekor Sebagai Ganda Putri Pertama Tembus Semifinal Olimpiade

Greysia/Apriyani Catatkan Rekor Sebagai Ganda Putri Pertama Tembus Semifinal Olimpiade
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu . (reuters)

WJtoday, Bandung - Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu membukukan rekor setelah memastikan tiket ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020, Kamis (29/7/2021) sore waktu Indonesia.

Greysia/Apriyani menundukkan wakil China, Du Yue/Li Yin Hui, dalam pertandingan rubber game di Musashino Forest Sport Plaza.

Pasangan peringkat enam dunia itu menang 21-15, 20-22, dan 21-17 dan memastikan langkah ke babak perebutan tiket final menghadapi Lee So Hee/Shin Seung-chan yang mengalahkan Selena Piek/Cheryl Seinen

Greysia/Apriyani menjadi pasangan ganda putri pertama dari Indonesia yang berhasil menembus babak semifinal Olimpiade.

Sejak badminton dipertandingkan secara resmi di Olimpiade, mulai 1992, belum ada pasangan Merah Putih yang mampu melewati babak perempat final.

Baru ada empat pasangan ganda putri Indonesia yang bisa melangkah ke perempat final, yakni Lili Tampi/Finarsih, di Olimpiade 1992, Eliza Nathanael/Zelin Resiana di Olimpiade 1996, Etty Tantri/Cynthia Tuwankotta di Olimpiade 2000, dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari pada Olimpiade 2016.

Langkah Greysia/Apriyani ke babak semifinal juga membuka peluang medali pertama dari sektor ganda putri. Hingga Olimpiade 2016, hanya sektor ganda putri yang belum pernah menyumbang medali untuk Indonesia dari badminton Olimpiade.

Greysia/Apriyani menjadi salah satu wakil Indonesia di sektor ganda pada semifinal Olimpiade Tokyo 2020 selain Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ganda putra.

Sementara dua andalan ganda Indonesia lainnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon terhenti di perempat final Olimpiade Tokyo.  ***