Gowes Tematik IA 5'88: Sejarah Budaya Tionghoa di Kota Bandung

Gowes Tematik IA 5'88: Sejarah Budaya Tionghoa di Kota Bandung
Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Bandung angkatan '88 (IA 5'88) menggelar kegiatan gowes tematik, pada Sabtu (22/1/2022), dengan tema menyusuri sejarah Budaya Tionghoa di Bandung. (pam)

WJtoday, Bandung - Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Bandung angkatan '88 (IA 5'88) kembali menggelar kegiatan gowes tematik, pada Sabtu (22/1/2022).

Kali ini dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, temanya adalah menyusuri jejak sejarah Tionghoa di Kota Bandung. Dimulai dan berakhir di Hotel Kimaya Jalan Braga, para peserta diajak lebih mengenal sejarah Kota Bandung dan budaya etnis Tionghoa.

Ketua IA 5'88 Dewi 'Kenny" Kaniasari mengutarakan, selain mendorong budaya bersepeda, kegiatan gowes tematik ini juga untuk lebih memahami sejarah keberagaman Kota Bandung, yang sejak dulu terbuka untuk berbagai etnis, terkenal sebagai kota toleransi.

Adapun sejumlah tempat yang disinggahi para peserta di antaranya Jalan Alkateri, yang dulu merupakan wilayah peredaran opium. Kemudian Pabrik Tahu Talaga di Jalan Jendral Sudirman, Vihara Samudra Bhakti di Jalan Kelenteng, serta Kampung Toleransi di RW 08 Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir.  ***