Gowes Tematik IA-588: Napak Tilas Jejak Bung Karno di Kota Bandung

Gowes Tematik IA-588: Napak Tilas Jejak Bung Karno di Kota Bandung
Ikatan Alumni SMA Negeri 5 Bandung angkatan 1988 (IA-588) pada Sabtu (27/11/2021) menggelar gowes tematik menelusuri jejak Presiden pertama RI Soekarno. (pam)

WJtoday, Bandung - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021, Ikatan Alumni SMA Negeri 5 Bandung angkatan 1988 (IA-588) pada Sabtu (27/11/2021) menggelar gowes tematik menelusuri jejak Presiden pertama RI Soekarno, atau yang akrab dipanggil Bung Karno.

Acara dimulai dan berakhir di Hotel Ibis Jalan Braga Bandung, dengan rute singgah di tempat-tempat yang pernah menjadi bagian hidup Bung Karno di Bandung. Dimulai dari Gedung Merdeka, Penjara Banceuy, Gedung Indonesia menggugat, hingga ke kampus ITB.

Acara gowes kali ini pun seperti kegiatan serupa sebelumnya, jumlah peserta dibatasi hanya 30 orang, dibagi dalam tiga kelompok,  untuk menghindari kerumunan, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Ketua IA-588 Dewi Kaniasari, helatan ini diadakan selain untuk memperingati Hari Pahlawan, juga untuk kembali mengenal kehidupan Bung Karno di Kota Bandung dari masa kuliah di ITB hingga dijebloskan ke penjara Banceuy karena dianggap berbahaya oleh pemerintah penjajah Belanda.

Penjara Banceuy dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1877. Pada 29 Desember 1929, Soekarno serta tiga rekan dari PNI, Maskoen, Soepriadinata, dan Gatot Mangkoepraja ditangkap di Yogyakarta dan kemudian dijebloskan ke penjara Banceuy selama kurang lebih 8 bulan.

Gedung Indonesia Menggugat, yang namanya sesuai dengan judul pledoi yang ditulis Bung Karno pada persidangan 18 Agustus hingga 22 Desember 1930. Pledoi yang dibacakan Bung Karno disusun di Penjara Banceuy.  ***

View this post on Instagram

A post shared by IA-588 (@ikatanalumni588)