Golkar Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin untuk Jabatan Wakil Ketua DPR, Besok atau Lusa

Golkar Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin untuk Jabatan Wakil Ketua DPR,  Besok atau Lusa
Azis Syamsuddin./twitter

WJtoday, Jakarta - Sekretaris Fraksi Golkar DPR, Adies Kadir, mengungkapkan pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR akan diumumkan partai, besok atau lusa. 

Ia mengatakan sudah ada nama yang disiapkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai pengganti Azis Syamsuddin.

"Rencananya Selasa sore diumumkan. Sepertinya nama sudah ada di kantong Ketua Umum. [Rapatnya] antara Senin atau Selasa [besok], saya juga masih nunggu undangan rapatnya," kata Adies kepada wartawan, Minggu (26/9/2021).

Kendati demikian, Adies mengaku tak tahu siapa yang bakal ditunjuk Airlangga. Dia juga menegaskan pengganti Azis Syamsuddin di DPR adalah kewenangan Ketum.

"Terkait nama pengganti tidak ada yang tahu, karena hak prerogatif Ketua Umum. Prinsipnya kalau sudah selesai mekanisme rapat internal partai, pasti [surat nama pengganti] segera dikirimkan [ke DPR]," ujar Wakil Ketua Komisi III ini.

Hal serupa dikatakan oleh Ketua Badan Hukum dan HAM (Bakumham) DPP Golkar Supriansa. Ia menerangkan sosok pengganti Azis Syamsuddin akan diusulkan Ketum Airlangga pada Senin.

"Ya, kita tunggu saja hari Senin besok. Siapa yang diusulkan Ketua Umum, maka itulah yang terbaik dari Golkar untuk nusa dan bangsa," kata Supriansa saat dihubungi.

Sementara itu, disebut-sebut bahwa Adies adalah salah satu calon kuat yang berpotensi ditunjuk Golkar sebagai Wakil Ketua DPR. Namanya mencuat bersama kader Golkar lainnya yakni Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia dan Anggota Komisi XI Melchias Marcus Mekeng.

Terkait hal ini, Adies mengaku tak tahu apakah ia memang merupakan calon kuat. Adapun soal kesiapan jika nantinya ditunjuk Ketum, ia tak mau berandai-andai.

"Saya enggak tahu [siapa calon kuatnya]. Hanya Ketum yang tahu. Saya enggak mau berandai-andai, kita tunggu saja ya," tandas dia.

Bursa Wakil Ketua DPR tengah ramai disoroti pasca Azis Syamsuddin resmi ditetapkan KPK sebagai tersangka suap. Dia diduga memberikan suap kepada mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju agar bisa lolos dari jerat penyelidikan perkara korupsi yang dilakukan KPK di Lampung Tengah.

Sementara pada Sabtu (25/9/2021), Adies mengumumkan Azis sudah menyampaikan pengunduran diri sebagai Wakil Ketua DPR ke DPP Golkar.

"Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar, Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Adies.***