Golkar, PPP, dan PAN Bertemu Sebut Koalisi Untuk Perkuat Persatuan

Golkar, PPP, dan PAN Bertemu Sebut Koalisi Untuk Perkuat Persatuan
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa melakukan pertemuan di Rumah Heritage Jakarta,

WJtoday, Jakarta  - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa melakukan pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/22) malam.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan bekerja sama untuk membangun budaya politik baru.

"Kami melihat bahwa ke depan kami ingin membangun budaya politik baru. Budaya politik baru itu dijalankan dengan kerja sama yang berjenjang dan bertahap. Kerja sama ini tidak dilakukan secara terburu-buru, tetapi dari hasil kajian yang mendalam," kata Airlangga 

Selanjutnya, Airlangga menjabarkan isyarat pertemuan mereka tersebut berdasarkan karakter dan logo masing-masing partai. 

"Pertemuan ini tentu akan mendorong tiga partai ini untuk bekerja sama bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri berarti adalah beringin, matahari, dan Baitullah," ucap Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga berpandangan bahwa kerja sama ini akan baik untuk menopang dan mendukung program pemerintahan di bawah pimpinan Presiden RI Joko Widodo.

"Saya dan Pak Harso ada di pemerintah sehingga ini akan terus memperkuat pemerintahan Bapak Presiden Jokowi. Pertemuan ini juga menyimpulkan pengalaman dari masing-masing partai politik, termasuk juga PAN yang sangat berpengalaman di pemerintahan, baik di DPR maupun di MPR," ucapnya.

Ketua Umum Golkar, PAN dan PPP tersebut saling melempar ucapan spontan saat bertemu .

Awalnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melontarkan celetukan bahwa dirinya bersama Ketum PPP Suharso Monoarfa dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto merupakan koalisi perkuat persatuan.

Mereka saling menggenggam tangan satu sama lain sambil berpose untuk berfoto di depan para pewarta.

"Koalisi untuk perkuat persatuan," kata Zulhas sambil tertawa.

Tak mau kalah, Suharso turut menimpali celetukan Zulhas tersebut.

"Untuk melanjutkan pembangunan," timpal Suharso sambil tersenyum.

Airlangga juga ikut menimpali celetukan keduanya. Menurutnya, pohon beringin harus disinari matahari agar bisa hijau.

Untuk menambah beringin, surya alam, dan baitullah. Jadi kalau pohon beringin harus disinari oleh matahari, dia akan menjadi hijau. Dan kalau sudah tumbuh, kita sama-sama membangun dan melanjutkan, mendapatkan ridha Allah," kata Airlangga.

Terkait dengan Pemilihan Umum 2024, Airlangga mengatakan bahwa ketiga partai tersebut akan bekerja sama untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan.

"Semoga kerja sama ini mendapatkan rida dari Allah Swt. karena kami akan mendorong persatuan dan kami akan menegasikan risiko-risiko akibat daripada politik identitas," kata Airlangga.***