EURO 2020

Gol Tunggal Sterling Bawa Inggris Tumbangkan Kroasia 1-0

Gol Tunggal Sterling Bawa Inggris  Tumbangkan Kroasia 1-0
Gol tunggal Raheem Sterling bawa Inggris menang 1-0 atas Kroasia di laga Grup D Euro 2020, Minggu (13/6/2021). / (uefa.com)

WJtoday, Bandung - LAGA pembuka Grup D Euro mempertemukan duel dua tim kuat antara tuan rumah Inggris berhadapan dengan Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021). Pertandingan ini berkesudahan 1-0 untuk timnas Inggris. Gol semata wayang Inggris dicetak oleh Raheem Sterling di menit ke-57.

Inggris langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit pertama dibunyikan. Sementara, Kroasia memilih untuk bermain sabar dan membangun serangan secara perlahan dari bawah.

Pada menit kelima serangan balik cepat Inggris mampu memberikan ancaman dengan serangan yang diakhiri tendangan keras Phil Foden yang membentur tiang gawang Kroasia.

The Three Lions terus mengancam lewat sejumlah serangan hingga mampu memberikan tekanan di sepertiga pertahanan Kroasia. Modric dkk akibatnya tidak leluasa untuk membangun serangan.

Memasuki 15 menit akhir permainan, Kroasia mulai bisa lepas dari tekanan Inggris. Pasukan Zlatco Dalic itu mampu memberikan beberapa ancaman ke jantung pertahanan Inggris lewat umpan-umpan silang. Namun, hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan tidak ada satupun gol yang mampu diciptakan kedua tim. Pertandingan babak pertama pun berakhir 0-0.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Belanda Vs Ukraina

Pada babak kedua kembali Inggris langsung menekan Kroasia. Hasilnya Raheem Sterling berhasil membawa Inggris unggul 1-0 atas Kroasia pada menit ke-57. Menerima umpan terobosan Kalvin Phillips di kotak penalti, Sterling dengan mudah meneruskan bola ke gawang Kroasia.

Selang beberapa menit, Harry Kane nyaris memperlebar keunggulan Inggris di menit ke-61. Sayang, tembakannya di depan gawang menyambut umpan Phil Foden dari sisi kiri masih melebar.

Kroasia yang tertekan mencoba memanfaatkan peluang dari skema bola mati. tendangan penjuru Kroasia cukup mengejutkan. Umpan sepak pojok sengaja diarahkan ke luar kotak penalti di mana Marcelo Brozovic berhasil menyambarnya dengan tendangan voli. Sayang, tembakan pemain Inter Milan itu masih melenceng jauh dari sasaran.

Kroasia terus berupaya mencetak skor penyama kedudukan. Tekanan yang dilakukan Ivan Perisic dan kawan-kawan memaksa Inggris sibuk bertahan. Namun pertahanan solid yang diperagakan John Stones dkk masih mampu meredam serangan Kroasia. Kedudukan pun tak berubah 1-0 untuk kemenangan Inggris. ***

Klasemen sementara Grup D Euro 2020