Gerakan Khilafatul Muslimin Sudah Sampai ke Bandung Barat, Kesbangpol Gencarkan Sosialisasi Ideologi Pancasila

Gerakan Khilafatul Muslimin Sudah Sampai ke Bandung Barat, Kesbangpol Gencarkan Sosialisasi Ideologi Pancasila
ilustrasi Pengendara Motor Sosialisasikan Gerakan Khilafatul Muslimin

WJtoday, Kabupaten Bandung Barat - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB) sebut gerakan Khilafatul Muslimin diduga kuat sudah ada di wilayahnya.

Kepala Kesbangpol KBB, Soeryaman mengatakan, sebelumnya beredar video gerakan Khilafatul Muslimin sempat konvoi melintasi wilayah Bandung Barat. Para pengendara melengkapi diri dengan atribut bertuliskan khilafah, bendera, dan spanduk.

"Hasil penyelidikan disinyalir benar ada kegiatan itu di Kabupaten Bandung Barat," kata Soeryaman, pada Kamis (2/6/2022).

Dikatakannya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI dan unsur terkait lainnya terkait kemunculan gerakan Khilafatul Muslimin di Bandung Barat.

Menurutnya, aksi konvoi yang dilakukan gerakan tersebut bermaksud untuk mensosialisasikan keberadaan Khilafatul Muslimin.

"Sepertinya yang sudah terumumkan itu sedang mensosialisasikan selebaran itu," ujarnya.

Meski begitu, Kesbangpol Bandung Barat belum bisa menyimpulkan kegiatan konvoi itu berkaitan dengan salah satu organisasi terlarang atau tidak. Pasalnya, masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

Soeryaman menegaskan pihaknya bakal terus gencar sosialisasikan idelogi negara yang sudah jelas yakni idelogi pancasila.

"Sehingga hal yang sudah terjadi itu tidak terulang kembali di wilayah kami," pungkasnya.***