Gelaran MotoGP Mandalika Dihadang Hujan Deras, Pawang Hujan Trending Twitter

Gelaran MotoGP Mandalika Dihadang Hujan Deras, Pawang Hujan Trending Twitter
Pawang Hujan Mandalika, Rara Isti Wulandari

WJtoday, Jakarta - Pawang menjadi trending twitter setelah hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) jelang race MotoGP Mandalika. Hujan turun 30 menit menjelang balapan dimulai.

Banyak netizen yang menanyakan kinerja pawang hujan yang sengaja didatangkan untuk agar tidak terjadi cuaca buruk di Sirkuit Mandalika. Diketahui penyelenggara MotoGP melakukan berbagai upaya mencegah hujan deras mengguyur sirkuit, termasuk menggunakan pawang hujan.

Pawang itu bernama Rara Isti Wulandari. Dalam video yang beredar terlihat Rara menaruh sesajen di sebuah kolam. Selain itu, Rara juga melakukan aksi membawa mangkuk sambil menengadah ke arah langit.

“Itu benar saya bisa menggerakkan awan dan lembab. Nah hari ini supaya pembalap nyaman, itu diminta untuk sedikit gerimis. Jadi saya support semua untuk bisa berjalan baik,” ujar Mbak Rara, dilansir dari TikTok @rekenartine, Minggu (20/3/2022).

“BMKG 1 - Pawang 0,” tulis akun @maruf***.

“Pawang ujannya Mandalika gimana sih panasnya malah di Tangerang,” cuit @peta***.

“Lah deres banget. Pawang hujan?” cuit netizen lainnya membalas netizen lainnya.

Akibat hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika start race MotoGP harus ditunda. Tercatat ada dua kali penundaan start. Awalnya akan ditunda 10 menit hingga 15.10 WITA. Jadwal terbaru tersebut kembali dimundurkan.

Pengumuman penundaan start balapan ini diumumkan melalui akun resmi MotoGP. Terbaru, pit lane kembali dibuka pukul 15.45 WITA.

Pawang Hujan Masuk Lintasan

Kejadian unik hadir pada gelaran MotoGP Indonesia 2022. Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika membuat seorang pawang hujan masuk ke sirkuit dan berusaha mengentikan hujan.

Aksi tersebut pun langsung mendapatkan tanggapan dari akun resmi MotoGP. Dalam cuitannya, mereka menyebut sosok yang bernama Rara Isti ini seorang master. "The Master," tulis unggahan dari akun MotoGP.

Tidak hanya itu saja, aksid ari Rara itu pun mendapatkan tanggapan juga dari pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Qiartararo. Bahkan Quartararo mengikuti gerakan dari sang pawang hujan tersebut.

Sejak awal, perkiraan cuaca menyebut jika akan ada hujan yang turun, ketika balapan. Hanya saja, hal tersebut tidak tampak, mengingat cuaca panas yang menyinari Sirkuit Mandalika.

Balapan kelas Moto3 dan Moto2 pun berjalan dengan kondisi panas dan matahari terik. Tidak ada tanda-tanda hujan akan mengguyur berjalannya MotoGP Indonesia 2022.

Selama dua hari pertama MotoGP Indonesia 2022, hujan memang sempat mengguyur Sirkuit Mandalika. Namun, hujan hanya berlangsung pada pagi hari dan sudah mulai kering di siang hari.

Kejadian berbeda terjadi pada Minggu (20/3/2022). Kali ini, hujan tak terlihat pada pagi hingga siang hari. Bahkan, temperatur udaranya sempat mencapai 30 derajat Celcius, hingga akhirnya hujan turun.

Petir Menyambar Lintasan Sirkuit Mandalika


Selain hujan yang cukup lebat, petir juga terdengar cukup keras di Sirkuit Mandalika sehingga penundaan merupakan langkah terbaik demi keselamatan pembalap.

Bahkan, kamera sempat menangkap petir yang menyambar lintasan Mandalika. Kondisi seperti tentu agak berbahaya.***