Gelar Rakernas Daring, PAN Bakal Bahas Perppu Corona hingga Omnibus Law

Gelar Rakernas Daring, PAN Bakal Bahas Perppu Corona hingga Omnibus Law
Gelar Rakernas Daring, PAN Bakal Bahas Perppu Corona hingga Omnibus Law
WJtoday, Jakarta -  Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada hari Selasa (5/5) secara daring membahas berbagai hal seperti Perppu Corona dan Omnibus Law.

Rakernas PAN nantinya akan digelar melalui mekanisme video conference untuk mencegah penyebaran virus corona. Teknologi yang digunakan adalah zoom meeting dan disiarkan secara streaming di laman media sosial Youtube dan Facebook resmi milik PAN.

"Pelaksanaan Rakernas ini agak unik tahun ini dengan segala keterbatasan gerak masyarakat yang belum dilonggarkan, kami enggak mau menghentikan proses konsolidasi internal," kata Sekjen PAN, Eddy Soeparno dalam keterangan resmi, Minggu (3/5/2020).

Lebih lanjut, Eddy menyatakan forum tersebut akan membahas mengenai pelbagai isu nasional yang strategis dan santer dibicarakan belakangan ini.

Isu itu diantaranya terkait Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan terkait Omnibus Law RUU Cipta Kerja.

"Kita buat pandangan PAN resmi terkait isu-isu yang penting agar masyarakat tahu posisi politik PAN terkait isu-isu penting tersebut bagaimana," jelasnya

Eddy lantas mencontohkan bahwa PAN meminta agar pembahasan Perppu 1 Tahun 2020 segera dibahas di Badan Anggaran (Banggar) DPR. Ia turut berharap pemerintah memberikan kepastian hukum terkait stimulus paket bantuan terkait penanganan jaring pengaman virus corona bagi masyarakat.

"Itu aspek penting yang dibahas agar seluruh kader PAN dari Sabang-Merauke tahu posisi politik PAN dan mampu berbicara merepresentasi sikap partai untuk menyampaikan pandangan politik partai terkait isu penting tersebut," kata dia.

Sementara itu, Ketua Steering Committe Rakernas I PAN, Viva Yoga Mauladi menyatakan Rakernas itu akan mengusung tema 'Bersatu untuk Kemanusiaan dan Kebersamaan Membangun Indonesia Maju'.

Viva menjelaskan Rakernas akan menjabarkan hasil kongres PAN dalam bentuk program-program kerja pemenangan pemilu.

Selain itu, forum tersebut turut merumuskan dan menetapkan kebijakan partai dalam setahun sebagai bagian dari penjabaran hasil kongres.

"Misal perubahan Peraturan Partai (PP) tentang Hubungan Partai dengan Kader di Lembaga Legislatif dan Eksekutif, PP tentang Pengelolaan Aset Partai, PP tentang Rencana Program Pemenangan Pemilu 2024, dan PP tentang Mahkamah Partai," kata dia.

Viva merinci peserta dan peninjau Rakernas I PAN berjumlah 645 orang yang terdiri dari peserta unsur DPP, termasuk Dewan Penasihat, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, dan Mahkamah Partai berjumlah 63 orang.

Lalu terdapat peserta dari unsur DPW (ketua dan sekretaris) berjumlah 68 orang. Peserta peninjau dari unsur DPD (ketua) berjumlah 514 orang, termasuk mengundang para pendiri dan tokoh senior PAN.

"Rakernas I PAN akan di buka secara resmi oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifi Hasan. Dalam acara tersebut akan ada sambutan dari Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPP PAN, Hatta Rajasa, dan dari Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN, Soetrisno Bachir," pungkasnya. ***