Fungsi Strategis BUMD sebagai Penyangga PAD di Saat Pandemi

Fungsi Strategis BUMD sebagai Penyangga PAD di Saat Pandemi
Ketua Komisi III DPRD Jabar Cucu Sugyati (pam)

WJtoday, Bandung - Pembangunan daerah tentunya membutuhkan anggaran dalam semua penyelenggaraannya, maka Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai salah satu penyangga pendapatan asli daerah (PAD) dituntut lebih baik lagi memberikan kontribusinya memajukan perekonomian di daerah.

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Cucu Sugyati mengatakan BUMD memiliki fungsi strategis dalam kontribusinya membangun Pemerintah Daerah khususnya dalam bidang perekonomian.

"Perlu didorong peran aktif BUMD melalui program-program yang dihasilkan agar dapat berdampak pada pendapatan daerah dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Jawa Barat." kata Cucu di Bandung, Jumat (11/6/2021).

Menurut Cucu BUMD didirikan untuk meningkatkan pendapatan daerah, yang kemudian berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Jadi Semakin sehat BUMD, kesejahteraan masyarakat Jabar saya harap akan semakin meningkat secara signifikan." ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan BUMD yang sehat berdampak pada kontribusi terhadap pendapatan asli daerah atau PAD Provinsi Jabar sehingga kesejahteraan dan kemajuan masyarakat dapat bangkit khususnya di tengah pandemi Covid-19.

“Saat ini kita tidak bisa hanya mengandalkan pada penghasilan pajak dan sebagainya. Kami berharap BUMD bisa memberikan dividen yang besar untuk Jawa Barat dan membantu pemulihan dan pertumbuhan perekonomian.” sebut Cucu.

Oleh karena itu cucu menegaskan agar program-program kerja BUMD harus sejalan dengan visi dan misi pemerintah agar terjadi sinergitas yang baik dalam mencapai sasaran tujuan pembangunan daerah.  ***