Foto Warga Lintasi Jalan Cor Belum Kering di Tangerang Viral di Medsos, Ini Kata KemenPUPR

Foto Warga Lintasi Jalan Cor Belum Kering di Tangerang Viral di Medsos, Ini Kata KemenPUPR
Foto Warga Lintasi Jalan Cor Belum Kering di Tangerang Viral di Medsos./twitter

WJtoday, Tangerang - Sebuah foto menampilkan pejalan kaki melintas di jalan cor belum kering di Tangerang, viral di media sosial. Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter TXT dari Tangerang, @txtdaritng, Selasa (28/9/2021).

"Orang Balaraja ngapasi? Itu jalan pan lagi di cor allahu. Jalan Raya Serang, Balaraja (Dekat PT. Adis)," demikian keterangan pada twit berupa foto yang viral itu.

Dalam foto yang tersebut, tampak pejalan kaki ramai-ramai melintas di atas jalan yang baru dicor padahal belum sepenuhnya kering.

Akibatnya, tapak sandal dan sepatu para pejalan kaki membekas di cor-an jalan yang masih basah tersebut.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membenarkan bahwa jalan tersebut ada di bawah naungan mereka.

"Betul, yang dimaksud adalah jalan nasional yang sedang dilakukan perkerasan," ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja, Sabtu (2/10/2021).

Adapun proyek pengecoran jalan tersebut dikerjakan oleh Satuan Kerja (Satker) di Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten.

Agar kejadian serupa tidak terulang, Kementerian PUPR meminta BPJN Banten untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Kami mohon agar Satker di lingkungan BPJN Banten yang menangani bisa berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk pengaturan lalu lintasnya," kata Endra yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR.

Selain itu, Kementerian PUPR juga berpesan kepada masyarakat selaku pengguna jalan untuk mengikuti arahan dari aparat.

"Dan kami mohon masyarakat pengguna jalan untuk bisa bersabar, mengikuti petunjuk dari aparat, dan kooperatif selama masa pengerjaan jalan hingga tuntas dicor," pintanya.

Endra menuturkan, pada Jumat (1/10/2021) malam, Kepala BPJN Banten telah melakukan pengecekan ke lokasi untuk mengambil sejumlah langkah perbaikan.

BPJN Banten akan memperbaiki lean concrete dengan pembongkaran. Kurang lebih 200 meter akan dikerjakan ulang.

"Sekitar 200 meter dikerjakan ulang dengan melakukan pengecoran pada traffic rendah pukul 00.00-04.00 WIB, dan melakukan proteksi dengan pagar pengaman/barrier beton pada lokasi pengerjaan. Target pekerjaan selesai tanggal 31 Desember 2021," jelas dia.***