Fokus Kembangkan Mobil Listrik, Ford Berencana PHK Ribuan Orang

Fokus Kembangkan Mobil Listrik, Ford Berencana PHK Ribuan Orang
Produsen mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford, dikabarkan sedang bersiap untuk memangkas sebanyak 8.000 karyawannya dalam beberapa minggu mendatang. (Getty images)

WJtoday, Bandung - Produsen mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford, dikabarkan sedang bersiap untuk memangkas sebanyak 8.000 karyawannya dalam beberapa minggu mendatang.

"Ini dilakukan untuk mengurangi biaya dan mengintensifkan transisi ke kendaraan listrik atau electric vehicles (EV)." kata sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Bloomberg dikutip Kamis (21/7/22), meski meyakini, pekerja pabrik diyakini tidak akan terpengaruh.

Pemangkasan  ini akan datang dari divisi Ford Blue, sebuah unit yang menangani kendaraan mesin pembakaran internal perusahaan, serta posisi gaji. 

Pemangkasan, menurut sumber itu, akan dilakukan secara bertahap, mulai musim panas ini. Ford memiliki sekitar 31.000 karyawan di Amerika Serikat, di mana sebagian besar PHK akan dilakukan disana, kata laporan itu. 

Namun begitu, juru bicara Ford tidak mau mengomentari hal tersebut. Perusahaan hanya menjadwalkan konferensi pers untuk memberikan pembaruan rencananya untuk transformasi ke kendaraan listrik.

"Eksekutif kunci Ford akan memberikan perincian tentang bagaimana perusahaan membangun sistem industrinya untuk mencapai tingkat produksi global 600.000 EV. Tumbuh menjadi lebih dari 2 juta tingkat pengoperasian global tahunan pada tahun 2026," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, melansir AFP.

"Seperti yang telah kami katakan berkali-kali, untuk mewujudkan transformasi Ford+ kami dan memimpin era baru kendaraan listrik ... kami membentuk kembali pekerjaan kami dan memodernisasi organisasi kami di semua unit bisnis otomotif dan seluruh perusahaan," tambah juru bicara dalam pesan berbeda.

"Kami telah menetapkan target yang jelas untuk struktur biaya kami. Sehingga lebih ramping dan sepenuhnya kompetitif dengan yang terbaik di industri ini," ujarnya lagi.

Tertantang Tesla dan sejumlah perusahaan rintisan lainnya, Ford telah mempercepat produksi model listrik mereka dalam beberapa tahun terakhir. Pada Maret, Ford mengumumkan pembentukan entitas khusus baru: Ford Model e.

Pada saat itu, perusahaan menyebut ingin memproduksi 2 juta kendaraan listrik per tahun pada tahun 2026, sepertiga dari produksi globalnya. Perusahaan juga menganggarkan US$ 50 miliar untuk itu dan memotong pengeluaran untuk kendaraan bensin menjadi US$3 miliar per tahun.***