EURO 2020

Fantastis! Tiket Final Euro 2020 Inggris Vs Italia Melambung hingga Rp1 Milyar

Fantastis! Tiket Final Euro 2020 Inggris Vs Italia Melambung hingga Rp1 Milyar
Ilustrasi (twitter)

WJtoday, Bandung - PERMINTAAN tinggi berbanding dengan ketersediaan dalam jumlah sedikit membuat tiket final Euro 2020 (Euro 2021) Italia vs Inggris melambung gila-gilaan. Menurut situs resmi Euro 2020, hingga H-1 final Piala Eropa masih terdapat tiket seharga 5.900 poundsterling atau senilai Rp11,8 juta. 

Tiket tersebut bukan sekadar tanda masuk biasa melainkan hospitality ticket. Pemilik tiket bernama London Single Match 51 Prestige itu bisa mendapat tempat terbaik di Stadion Wembley dan layanan nomor wahid seperti tempat duduk spesial, jamuan makan dan minum, souvenir serta servis kualitas prima selama tiga jam sebelum pertandingan hingga 90 menit setelah peluit tanda laga bubar.

Selain tiket kategori istimewa tersebut, tidak ada lagi kategori lain yang dijual. Tiket tribune biasa sudah laku, begitu pula tiket-tiket kelas VIP lainnya. Disebut pula oleh media Inggris, tiket lain masih bisa diperoleh dari tangan kedua melalui media sosial dan situs-situs penjualan. Namun harganya sudah melonjak ribuan hingga puluhan ribu poundsterling.

Kendati UEFA sudah menekankan agar tidak ada penjualan tiket dari tangan kedua, namun praktik seperti itu masih terjadi. Dikutip dari Daily Mail, sebuah tiket final Euro 2020 dijual seharga 54 ribu poundsterling atau Rp1,08 miliar. 

Tidak diketahui kategori tiket tersebut, namun yang jelas harga itu lebih mahal 180 kali lipat dari harga asli yang berkisar 295 poundsterling atau sekitar Rp5,9 juta.  

Sementara Evening Standard mencantumkan harga tiket yang dijual UEFA untuk partai final berkisar dari 81 hingga 808 poundsterling atau setara Rp1,6 juta hingga Rp 16 juta.

Selain lonjakan harga yang gila-gilaan, para pemburu tiket final Euro 2020 juga dibayangi masalah tiket palsu. UEFA sudah memperingatkan agar fan sepak bola tidak mempercayai penjualan tiket dari tempat-tempat yang tidak resmi. 

Beberapa orang pun sudah melaporkan perihal kasus penipuan terkait tiket Italia vs Inggris. Ada yang sudah membayar, namun tiket tak kunjung diterima. Dari 90 ribu kapasitas penonton di Stadion Wembley, pemerintah hanya menyediakan sekitar 67.500 kursi dalam laga final. 

Final Euro 2020 mendapat banyak perhatian dari warga Ratu Elizabeth karena bakal menjadi sejarah jika Inggris bisa meraih trofi Henry Delaunay. Dalam sejarah Piala Eropa, Inggris belum pernah menjadi juara.  ***