Ancaman Virus Corona

Emil Tegaskan Wilayah Jabar Masih Aman Dikunjungi Wisatawan

Emil Tegaskan Wilayah Jabar Masih Aman Dikunjungi Wisatawan
Emil menyebut wilayah Jabar masih aman untuk dikunjungai wisatawan
WJtoday, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menegaskan wilayah Jabar masih aman untuk dikunjungi wisatawan, kendati ada 2 kasus warga Kota Depok yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Emil mengaku sudah menugaskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar untuk menginformasikan kondisi tersebut kepada masyarakat, khususnya pengiat parisiwata.

"Sudah saya tugaskan Kepala Disparbud Jabar, mulai sekarang proaktif memberitakan bahwa secara umum Jawa Barat ini relatif sangat aman," ujar Emil, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa (3/3/2020).

Sebelumnya, 2 warga Depok, yakni seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya 31 tahun dinyatakan positif terpapar Covid-19. Saat ini, keduanya telah diobservasi di RSPI dr Sulianti Saroso, Jakarta.

Emil menjelaskan, kedua warga Jabar yang tinggak Depok tersebut terpapar virus Corona di Jakarta, bukan di wilayah Jabar. Sang anak terinfeksi setelah melakukan kontak langsung dengan warga Jepang di sebuah klub tari di Jakarta.

"Termasuk kasus 2 positif tadi, terpaparnya itu di Jakarta bukan di Jabar. Terpaparnya di Jakarta, karena ada kontak dengan warga Jepang yang ada di Malaysia, bukan di Jabar," jelas Emil.

Emi menegaskan, hingga saat ini belum ada bukti bahwa virus Corona beredar di wilayah Jabar.

"Tapi pasti akan saya sampaikan kalau faktanya berbeda dan mengemuka. Karena itu, info ini sedang diinformasikan oleh Dinas Pariwisata kami," ujarnya.

Emil pun mengimbau kepada wisatawan untuk tetap datang ke Jabar. Namun Emil menegakan, pihaknya akan mewaspadai jika wisatawan tersebut datang dari negara yang telah terpapar Covid-19.

Imigrasi dan Dinas Perhubungan sudah melakukan proses termoscanner juga. Insya Allah akan disiapkan di terminal-terminal. Sebelum naik bus, kereta, kita juga akan melakukan pengecekan suhu sebagai standar awal dalam mengatasi virus ini," pungkasnya. ***