Ekonomi Terpuruk, Mang Oded Berharap PPKM tak Diperpanjang

Ekonomi Terpuruk, Mang Oded Berharap PPKM tak Diperpanjang
Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial

WJtoday, Bandung - Wali Kota Bandung, Oded M Danial berharap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang berakhir pada 9 Agustus 2021 nanti tidak diperpanjang. Oded mengaku kondisi ekonomi warga Kota Bandung saat ini makin terpuruk. 

"Mudah-mudahan kita harapkan jangan ada pembatasan," ucap Mang Oded di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Kamis (5/8/2021).

Oded mengaku kerap mendapat keluhan dari warga, baik melalui media sosial atau pesan singkat personal. Ia pun mengaku sedih dan khawatir dengan kondisi warga Kota Bandung di masa pandemi Covid-19.

"Kalau saya dari mulai masukan lewat HP Mang Oded lewat WA (WhatsApps) saya, sehari banyak tentang ekonomi terutama sangat berat," tutur dia. 

Oded prihatin dengan berbagai keluhan yang disampaikan. 

"Mang, kumaha atau ey, boro-boro beas, indomie teu boga (bagaimana ini, jangankan beras, mie instan juga tidak punya), bayangkan saya pingin nangis, berat coba," ia mencontohkan. 

Oded menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya untuk meringankan beban warga dengan cara memberikan bantuan sosial berupa uang tunai sebesar Rp500 ribu kepada 60 ribu kepala keluarga saat PPKM Darurat. 

"Ini kami sedang upayakann ke pemerintah pusat untuk pencairan bantuan. Karena kalau dari APBD kita juga sangat terbatas, karena pendapatan kita juga berkurang," terang dia. 

Oded pun mengaku telah menyampaikan aspirasi warga tersebut kepada pemerintah pusat. Terutama terkait dengan kewajiban warga seperti pajak untuk diberi keringanan di masa pandemi covid-19.

"Tapi ini juga kan harus dibarengi dengan upaya-upaya kita, jadi ikhtiar masyarakat sendiri juga. Intinya sabar, gimana lagi," tukas dia. ***