Edhy Prabowo Akui Berikan Sejumlah Uang untuk Atlet Silat Uzbekistan

Edhy Prabowo Akui  Berikan Sejumlah Uang untuk Atlet Silat Uzbekistan

WJtoday, Jakarta - Nama Munisa Rabbimova Azim Kizi ikut terseret dalam kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster, Edhy Prabowo. Atlet silat asal Uzbekistan itu diduga turut menikmati ‘uang panas’ tersebut.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengamini tudingan telah memberikan sejumlah uang untuk atlet silat asal Uzbekistan,  Munisa Rabbimova pada perhelatan Asian Games 2018.

Edhy mengatakan Munisa mengalami patah kaki saat melawan tim silat Indonesia. Panitia penyelenggara tak mengobati penuh Munisa. Alhasil, Munisa meminta tanggung jawab ke tim Indonesia.

"Minta pertanggungjawaban karena patahnya ini setelah sembuh itu bernanah. Beliau memang saya punya kontak-kontakan sejak awal sejak kejuaraan dunia Bali," kata Edhy di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Rabu, 16 Juni 2021.

Edhy mengatakan permintaan Munisa itu dilakukan melalui surat. Munisa tidak hanya mengirim surat ke Indonesia. Dia juga mengirim surat ke persekutuan silat antarnegara.

Edhy mengatakan dalam surat itu, Munisa menyertai foto kondisi kakinya. Akhirnya, Edhy mengambil keputusan mengirimkan uang ke Munisa untuk pengobatan.

"Akhirnya cari jalan keluar kan harus disedot dan komunikasi saya dengan dia jalan terus," ujar Edhy.

Edhy mengaku pemberian uang ke Munisa tidak dilakukan sekali. Dia membantah pemberian itu menggunakan uang hasil suap benih lobster.

"Itu sebelum saya menteri sudah saya kirim. Jadi pengirimannya bukan hanya sekarang, ada proses-prosesnya, termasuk untuk dia kursus bahasa Inggris, karena untuk dia nyebarkan silat kan harus bahasa Inggris bagus," kata Edhy.***