Dukung Percepatan, Dinkes Bandung Gelar Vaksinasi di Wilayah Haji Kurdi

Dukung Percepatan, Dinkes Bandung Gelar Vaksinasi di Wilayah Haji Kurdi
vaksinasi yang digelar Dinas Kesehatan Kota Bandung di Haji Kurdi Bandung, Rabu, 1/9/2021. (wjtoday/pam)

WJtoday, Bandung - Pemerintah Kota Bandung terus memasifkan vaksinasi bagi masyarakat. Hingga akhir pekan lalu,  program vaksinasi sudah melebihi angka 60 persen dari sasaran sebanyak 1,9 juta jiwa. Targetnya, pada akhir September mendatang sudah bisa menuntaskan 70 persennya.

Untuk mendukung percepatan target tersebut, pada Rabu (1/9/2021), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menggelar vaksinasi di wilayah RW 01 Haji Kurdi, Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar.

Vaksinasi menyasar sekitar 500 orang lebih, dari warga setempat, komunitas, dan warga Kecamatan Astanaanyar.

Camat Astanaanyar Syukur Sabar mengutarakan pihaknya mendorong perceparan vaksinasi agar segera terbentuk herd immunity di wilayahnya. Dia pun mengapresiasi animo warga untuk memperoleh vaksinasi Covid-19.

"Saya melihat animo masyarakat kini sangat tinggi, antuasias. Artinya mereka semakin memahami pentingnya memperoleh vaksinasi." kata Syukur saat ditemui di lokasi.

Ditambahkannya, kondisi tersebut terbalik dengan saat awal program vaksinasi digelar.

"Kondisinya terbalik. Dulu ketersedian vaksin banyak, warga yang mau divaksin sedikit. Sekarang vaksin terbatas, warga antusias peroleh vaksinasi." sebutnya.

Baca juga: Vaksinasi di Kota Bandung sudah Lampaui 60 Persen

"Dulu edukasi dan pemahaman pentingnya vaksinasi Covid-19 kalah oleh hoaks. Jadi masyarakat malah takut untuk divaksin." tambahnya.

Untuk itu pihaknya berharap akses ketersediaan vaksin bagi wilayahnya tetap mencukupi untuk membantu percepatan target tercapainya herd immunity di akhir tahun seperti yang dicanangkan Pemkot Bandung.

Sementara Lurah Karasak Ahmad Sopian mengungkapkan, pihaknya terus menggenjot program vaksinasi ini.

"Nanti setelah di Haji Kurdi akan dilanjutkan pada tanggal 4 dan tanggal 8 September, dengan masing-masing menyasar 500 lebih warga." ujarnya.

"Realisasinya sudah 46 persen lebih untuk Kelurahan Karasak, belum terhitung yang digelar hari ini di Haji Kurdi." tambahnya.

Ketua RW 01 Haji Kurdi Dadang Sungkawa pun menyambut baik digelarnya program vaksinasi di wilayahnya.

"Ini untuk kali kedua Haji Kurdi dipercaya untuk melaksanakan program vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kota Bandung. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan animo warga sangat tinggi." kata Dadang.

Selain itu, Dadang juga mengimbau warga yang sudah memperoleh vaksinasi tetap disiplin menjalankan protkol kesehatan dalam aktivitasnya sehari-hari.

"Meski sudah divaksin, tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Karena potensi terpapar Covid-19 tetap ada. Jadi kunci menekan laju pandemi adalah tetap disiplin prokes." tegasnya.  ***