Dua Pegawai Diskanla Positif Usai Jalani Tes Usap, BPBD Jabar Lakukan Sterilisasi

Dua Pegawai Diskanla Positif Usai Jalani Tes Usap, BPBD Jabar Lakukan Sterilisasi
Dua Pegawai Diskanla Positif Usai Jalani Tes Usap, BPBD Jabar Lakukan Sterilisasi
WJtoday, Bandung - Dua orang pegawai di lingkungan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Provinsi Jawa Barat diberitakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) usai menjalani tes usap atau swab test. Sebelumnya Kepala Diskanla Solihin meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. 

Munculnya kasus positif Covid-19 di lingkungan Diskanla menurut salah seorang sumber WJtoday yang tak mau disebut namanya, karena beberapa kegiatan yang dilakukan selama pandemi kurang memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

Dalam tindakan merespon kondisi dan potensi penyebaran Covid-19 yang relatif meningkat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, khususnya di Diskanla, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar melakukan sterilisasi melalu penyemprotan disinfektan di Kantor Diskanla, Minggu (5/7/2020).

Adapun penyemprotan disinfektan di Diskanla melibatkan 18 orang personil BPBD dibantu 6 orang personil Diskanla.

Dengan menggunakan 5 unit handsprayer milik BPBD dan PMI Provinsi Jawa Barat, penyemprotan dilakukan sejak pagi hingga sore hari. Menghabiskan cairan disinfektan  sebanyak 25 liter.

Penyemprotan dilakukan selain ruang-ruang  kerja dan rapat, juga dilakukan terhadap semua kendaraan dinas.

Semua personil yg terlibat dalam aktifitas penyemprotan menggunakan APD lengkap.

Sebelumnya juga pada Sabtu (4/7/2020), dilakukan sterilisasi di kompleks Badan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar.
                 
Fasilitas yang disterilisasi antara lain  gedung kantor 4 lantai dan basement, ruang kelas 2 lantai, gedung olah raga tempat fitnes, ruang makan siswa, rumah dinas kadis dan  sekeretaris  serta widyaiswara 13 unit, dan masjid. 

Personil BPBD yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 13 orang dan dibantu personil dari BPSDM sebanyak 10 orang, menghabiskan cairan disinfektan sebanyak 40 liter.

Kepala BPSDM Dicky Saromi dan Plt. Kadiakanla M. Jafar menyampaikan rasa terimakasihnya atas kegiatan sterilisasi yang dilakukan BPBD Jabar  di lingkungan perkantorannya. 

Diharapkan dengan kegiatan sterilisasi di samping bisa mengurangi resiko penyebaran Covid-19 juga bisa memberikan rasa aman kepada seluruh pegawai yang harus tetap bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat. ***