Dua Hari Berturut-turut, Harga Emas Antam Masih Menyusut

Dua Hari Berturut-turut, Harga Emas Antam Masih Menyusut
ilustrasi Harga Emas Antam

WJtoday, Jakarta - Selama dua hari berturut-turut pasca libur lebaran Idulfitri 1443 Hijriah, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) menyusut. Seperti hari ini saja harga emas terpantau  turun Rp4.000 menjadi Rp966.000 per gram. 

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan emas dunia ini akan masih terus terkoreksi sehingga berdampak pada harga emas Antam. 

"Sekarang ini emas dunia ada di level 1.837, kemungkinan besar akan turun di level 1.825. Kalau seandainya tembus di level 1.825 saya melihat bahwa emas ini ada kemungkinan besar akan turun di level terendahnya lagi di 1.724," terang Ibrahim, Rabu (11/5/2022).

Dia menjelaskan, jika level rendah itu terjadi, karena disebabkan Bank Sentral Amerika Serikat menaikkan suku bunga bersama dengan Bank Sentral Global. 

"Tapi kalau belum menyentuh di level 1.825 ini kita masih belum bisa memberikan suatu penjelasan bahwa harga emas dunia ini akan dibawah 1.825 atau tidak. Di mana itu akan berpengaruh terhadap penurunan harga emas Antam nantinya," lanjut Ibrahim. 

Ibrahim menambahkan, saat ini para investor tengah menunggu sampai harga emas dunia turun di level 1.825. Karena jika sudah di level tersebut, harga emas akan di banderol Rp 951.000 per gram. Dia menyebut, itu waktu yang tepat untuk melakukan pembelian. ***