DPR Segera Tetapkan Jadwal Pemilu 2024

DPR Segera Tetapkan Jadwal Pemilu 2024
Ilustrasi (wjtoday/yoga enggar)

WJtoday, Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim menyebut penetapan jadwal Pemilihan Umum 2024 ditargetkan sebelum uji kelayakan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Menurut dia, Komisi II DPR telah menggelar rapat internal dalam rangka menyusun agenda rapat pada masa sidang III tahun 2022 ini. Salah satu yang menjadi perhatian dalam rapat internal ini ialah terkait penetapan jadwal Pemilu 2024.

"Kami harap sudah menyelesaikan hal penting yaitu tanggal pemilu. Jadi, sebelum fit and proper test (Calon Anggota KPU-Bawaslu) kita targetkan jadwal Pemilu sudah selesaikan dulu," ujar  Luqman kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Namun Luqman tidak merincikan kapan agenda rapat penetapan jadwal Pemilu 2024k hanya saja dia memastikan penetapan akan digelar di masa sidang ini.

"Kalau waktunya kan fleksibel, menyesuaikan. Kami, Kemendagri akan cari jadwal yang paling memungkinkan untuk ketemu," sebutnya.

Baca juga: Jadwal Pemilu 2024 Belum Ditetapkan Picu Ketidakpastian Politik

Selain itu, Luqman menyebut agenda fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 juga akan dilaksanakan pada masa sidang ini. Dia menegaskan, pihaknya hanya menunggu surat presiden (surpres) untuk bisa menindaklanjutinya.

"Harapannya sebelum masa sidang ini selesai sudah kami selesaikan pemilihan anggota KPU-Bawaslu yang baru," tutup Luqman.

Sebelumnya, Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani menyebut Istana tetap memposisikan pemilihan umum (pemilu) sebagai siklus lima tahunan. Menurut Jaleswari, pemilu merupakan mekanisme demokrasi untuk membentuk pemerintahan yang sah.

"Pemilu dimaksudkan untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden dan DPRD. "Pasal 22 E UUD 1945 telah mengamanatkan bahwa pemilu dilaksanakan secara jurdil setiap lima tahun sekali," kata Jaleswari dalam keterangan pers, Rabu (12/1)"

Dia mengemukakan, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama DPR dan Pemerintah tengah membahas jadwal dan tahapan Pemilu 2024, dan Pilkada Serentak 2024. 

Pembahasan itu dimaksudkan agar mandat konstitusi untuk pelaksanaan pemilu setiap lima tahun sekali dapat dilaksanakan dengan baik.  ***