DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel Berbintang Lukai Hati Rakyat

DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel Berbintang Lukai Hati Rakyat
Ilustrasi (instagram)

WJtoday , Jakarta - Fasilitas isolasi mandiri berupa hotel bintang tiga bagi anggota dewan yang terpapar Covid-19 yang disediakan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI terus menuai sorotan. Langkah ini dinilai melukai hati rakyat.

Direktur Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia, Anwar Razak, menyebut, fasilitas isolasi mandiri atau isoman ini telah memberikan perlakuan istimewa kepada anggota DPR. Perlakuan itu tidak mencerminkan kepedulian terhadap kondisi masyarakat yang sedang kesulitan.

"Bahkan di tengah banyaknya masyarakat yang sedang isoman di rumah dan di ruang perawatan dengan kondisi dan fasilitas yang terbatas," kata Anwar dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, kebijakan ini selain menutup mata terhadap kesulitan masyarakat dan kesulitan keuangan negara, juga tidak hati-hati dalam penggunaan anggaran. Dia menyebut, tindakan melakukan realokasi anggaran dari kegiatan lain ke biaya hotel adalah tindakan yang berisiko. 

Sebab, tidak adanya dasar untuk melakukan realokasi tersebut. "Terkait kesehatan anggota DPR sudah ada alokasi anggaran untuk asuransi kesehatan," jelas dia.

Anwar mengatakan, fasilitas yang dimiliki anggota DPR di rumah jabatan sudah sangat istimewa dan kondusif untuk melakukan isolasi. Apabila kondisi memburuk, menurutnya, anggota DPR bisa ke rumah sakit di mana semua biaya sudah ditanggung dengan asuransi kesehatan setiap anggota.

Atas dasar tersebut, Anwar menilai, kebijakan tersebut keliru. Oleh karena itu, Kopel meminta kepada Setjen DPR untuk membatalkan kebijakan ini dan meminta kepada anggota DPR untuk mengevaluasi.

Baca juga: Fasilitas Isoman di Hotel Berbintang, Legislator Asal Jabar: Harusnya Sama dengan Rakyat

Diketahui, Sekjen DPR telah menyediakan fasilitas isoman kepada anggota DPR yang terinfeksi Covid 19. Fasilitas tersebut berada di hotel bintang 3. Di dalamnya termasuk makanan, minuman, dan fasilitas lainnya.

Seperti diberitakan,  Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menerbitkan surat tentang fasilitas hotel berbintang bagi para anggota parlemen yang menjalani isolasi mandiri jika dinyatakan positif terpapar Covid-19 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan gejala ringan. Keputusan tersebut dituangkan dalam surat bernomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Indra Iskandar.

Adapun hotel yang dipersiapkan yaitu Ibis Budget Grogol Petamburan, Jakarta Barat dan Hotel Oasis Atrium Senen, Jakarta Pusat. Selain untuk anggota DPR, fasilitas tersebut juga diperuntukkan bagi tenaga ahli maupun staf DPR yang terpapar Covid-19. 

Layanan isoman gratis bagi wakil rakyat ini di antaranya makan tiga kali sehari (pagi, siang, dan malam), laundry tiga potong baju per hari, free Wi-Fi dan parkir, konsultasi dokter melalui telepon setiap hari (Dr Fahri dari Laboratorium Amelia Clinic dan Prolepsis), kunjungan dokter atau perawat 2-3 kali, dapat vitamin dan satu kali tes PCR di hari ke-7.  ***