Disnaker: Semester I Tahun 2021, Angka Pengangguran di Bandung Naik 9 Persen

Disnaker: Semester I Tahun 2021, Angka Pengangguran di Bandung Naik 9 Persen
ilustrasi Pengangguran

WJtoday, Bandung - Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung, Marsana mengungkapkan pengangguran di Bandung menunjukkan angka peningkatan. 

Pandemi Covid-19 yang berlanjut pada 2021 disinyalir menjadi penyebab peningkatan tersebut. Jumlah pengangguran pada semester I atau periode Januari-Juni 2021 bertambah sekitar 9 persen dibandingkan dengan total pengangguran pada 2020 yang mencapai 135.057 orang.

Marsana mengatakan, dari Januari sampai Juni 2021, penambahan pengangguran mencapai 12.024 orang. Sehingga jumlah pengangguran di kota Bandung tercatat di angka 147.081 orang.

"Dari 12.024 tersebut sebanyak 4.626 diPHK, kemudian 5.526 orang lainnya habis kontrak dan mengundurkan diri, serta selebihnya sebab yang lain," tutur Marsana dikutip dari keterangan virtualnya, Jumat (30/7/2021).

Selain tingginya kenaikan angka pengangguran, sambung dia, sampai saat ini banyak pula perusahaan yang mengambil pilihan lain dengan mempertahankan para karyawan.

"Mulai dari dirumahkan sementara sampai mengurangi upah pekerja. Tentunya semua dengan kesepakatan antara pengusaha dengan serikat pekerja dan pekerjanya sendiri," klaimnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada warga yang kehilangan pekerjaan untuk memilih berwirausaha. Pasalnya, kondisi pandemi ini mengakibatkan penyusutan lowongan pekerjaan.

"Sementara itu ketersediaan lowongan pekerjaan dibandingkan tahun lalu mengalami penurunan hampir separuhnya lebih. Tahun sebelumnya sekira 13.000, sekarang hanya 5.000an,” katanya.

Untuk warga yang hendak membuka usaha sendiri, ujar dia, dapat mengikuti berbagai pelatihan keterampilan yang disiapkan Disnaker Kota Bandung.

"Keterampilan berbasis masyarakat maupun kompetensi, dengan skala prioritas pelatihan vokasi untuk wirausaha baru," tuturnya.***