Diretas dan Belum bisa Diakses, Setkab Pastikan Tidak Ada Data Bocor

Diretas dan Belum bisa Diakses, Setkab Pastikan Tidak Ada Data Bocor
Tangkapan Layar terkini Situs Setkab.go.id usai diretas

WJtoday, Jakarta - Sekretariat Kabinet RI masih berupaya melakukan pemulihan situsnya yang sempat diretas beberapa waktu lalu. Meski sudah diretas, pihak Setkab RI meyakini tidak ada data-data yang bocor.

Deputi Dukungan Kerja Kabinet Setkab RI, Thanon Aria Dewangga mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN) serta pihak kepolisian untuk mengusut peretasan tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, dapat dipastikan tidak ada data-data yang dicuri.

Lagipula menurutnya, tidak ada data yang bersifat rahasia di dalam situs setkab.go.id.

"Sejauh ini memang yang kami dapatkan dari pihak-pihak terkait, data-data yang ada di dalam website sejauh ini alhamdulillah masih sangat aman. Dan memang website itu sendiri berisi, website setkab ya, itu berbeda dengan kantor-kantor pemerintah yang lain," kata Thanon di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Situs setkab.go.id hingga saat ini belum juga pulih. Thanon menyebutkan kalau pihaknya masih melangsungkan rapat dengan pihak terkait untuk pemulihan situs.

"Moga-moga dalam waktu dekat, satu dua hari website Setkab dapat tampil seperti sedia kala," ujarnya.

Sebelumnya, tampilan laman setkab.go.id berubah hitam dengan foto seorang demonstran membawa bendera merah putih. Dalam laman tersebut tertulis keterangan "Padang Blackhat ll Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfifake".

Hingga berita ini diturunkan senin (9/8/2021)  situs setkab.go.id masih belum bisa diakses. Tertera keterangan jika situs tersebut sedang dalam perbaikan.

"Kami akan segera kembali! Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya, saat ini kami sedang melakukan update sistem. - Sekretariat Kebinet RI" tulisnya.

Diketahui peretasan terhadap situs Sekretariat Kebinet RI bukan kali ini saja terjadi. Pada 24 Desember 2015 situs mereka juga pernah diretas.

Pelaku Peretasan Masih Remaja

Dua pelaku terduga peretas website Sekretaris Kabinet ditangkap di wilayah Sumatera Barat. Keduanya pun dibawa ke Mabes Polri

Kedua pelaku berisial BS alias ZYY (18) dan MLA (17) yang merupakan pemuda asal Sumatra Barat (Sumbar).

Penangkapan kedua pelaku dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. Menurutnya, kedua pelaku ditangkap di lokasi berbeda di daerah Sumbar.

"BS ditangkap pada 5 Agustus 2021 di Tabing Bandar Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Sedangkan MLA alias Lutfifake di Perumahan Hansela Garden, kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya pada 6 Agustus 2021," katanya, Minggu (8/8).

Saat penangkapan, pihaknya menyita barang bukti berupa dua laptop beserta cargernya dan tiga handphone.

"Selanjutnya kedua terduga peretas tersebut telah dibawa ke Mabes Polri guna penyelidikan lebih lanjut," tuturnya.

Selain itu, Rusdi juga mengungkap motif pelaku peretas tersebut yakni dengan merubah tampil website. Namun motif lainya, masih dilakukan pendalaman.

"Motif sementara mereka (peretas) mengubah tampilan website. Kami masih dalami motif-motif lainnya," ucapnya.

Kemudian penangkapan kedua pelaku juga dibantu tim dari Kepolisian Daerah Sumbar. Selanjutnya pemrosesannya diserahkan ke Mabes Polri.***