Direkom PKB, Gus Ipul Resmi Calon Wali Kota Pasuruan 2020

Direkom PKB, Gus Ipul Resmi Calon Wali Kota Pasuruan 2020
Penyerahan rekomendasi PKB untuk Gus Ipul sebagai bakal calon wali kota Pasuruan
Wjtoday – Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul resmi diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) maju di Pemilihan Kepala Daerah Kota Pasuruan. Rekomendasi dari pimpinan pusat PKB sudah turun dan diserahkan kepada PKB Kota Pasuruan pada Jumat, 28 Agustus 2020.

Rekomendasi itu diantarkan langsung oleh Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar ke kediaman Ketua Dewan Syuro PKB Kota Pasuruan, KH Asyari. Dalam rekomendasi, Gus Ipul diusung sebagai bakal calon wali kota Pasuruan berpasangan dengan kader Golkar, Adi Wibowo.

Ketua PKB Jatim Abdul Halim Iskandar alias Gus Halim mengatakan, PKB adalah partai yang dilahirkan Nahdatul Ulama (NU). Karena itu, PKB berjuang untuk kepentingan jamiyah dan umat.

"Begitu juga dalam mengusung calon. Maka visi tadi harus yang diutamakan alias pegangan utama, termasuk dalam menentukan rekomendasi calon yang direkom untuk Pilwali Kota Pasuruan,” ujarnya.


Tanggung jawab Gus Ipul ketika nanti ditakdirkan menjadi wali kota Pasuruan juga seperti itu, yakni untuk kepentingan jamiyah NU dan masyarakat Kota Pasuruan. "Dan saya kira figur Gus Ipul layak mendapatkan amanah dan rekomendasi ini. Dalam perjuangan tidak ada istilah downgrade, atau apa pun itu,” ujar Gus Halim.

Gus Ipul berterima kasih atas seluruh kepercayaan yang diberikan PKB dan jajaran kepadanya. Dia berharap, amanat itu bisa dijalankan dengan baik sebagaimana perjuangan PKB dan NU.

 “Mudah-mudahan amanah ini bisa saya terjemahkan dalam bentuk konkret untuk kesejahteraan bersama memajukan Kota Pasuruan,” katanya.

Seperti diketahui Gus Ipul adalah wakil gubernur Jawa Timur selama periode di era gubernur Soekarwo. Pada Pemilihan Gubernur Jatim 2018, ia maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Puti Guntur Soekarnoputra. Lawannya ialah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang menang dan kini menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Jatim.