Dipercaya Tingkatkan Libido, Apa Hukum Konsumsi Torpedo Kambing dalam Islam?

Dipercaya Tingkatkan Libido, Apa Hukum Konsumsi Torpedo Kambing dalam Islam?
ilustrasi Hasil Masakan Torpedo Kambing. (twitter)

WJtoday, Jakarta - Hari Raya Iduladha tahun ini jatuh pada hari ini, Minggu (10/7/2022). Di momen Iduladha yang selalunya diperingati dengan menyembelih hewan kurban, salah satunya kambing. Pada pemotongan daging kambing ada satu bagian yang menjadi incaran para pria.

Bagian tersebut adalah torpedo kambing, sebab banyak orang yang percaya bahwa torpedo kambing memiliki banyak khasiat, khususnya meningkatkan gairah seksual (libido).

Lantas, apa sebenarnya torpedo kambing tersebut dan bagaimana hukum mengonsumsinya dalam ajaran Islam? 

Torpedo kambing adalah testis kambing yang berfungsi untuk memproduksi hormon testosteron dan sel sperma. Dapat dikatakan bahwa torpedo kambing merupakan penis kambing.

Meskipun aromanya tajam, tetapi bagian ini banyak dicari para pria. Karenanya saat mengolahnya, torpedo kambing harus dicuci pergi dan direvus dengan rempah agar baru prengusnya hilang.

Banyak yang mempercayai bahwa mengonsumsi torpedo kambing bisa meningkatkan vitalitas pria. Selain itu, torpedia diyakini memiliki banyak nutrisi yang bisa memberikan khasiat kesehatan.

Apa Benar Bisa Tingkatkan Libido?

Torpedo kambing mengandung protein arginin yang dapat meningkatkan senyawa nitro oksida. Senyawa tersebut sangat dibutuhkan dalam proses ereksi dan membuat pembuluh darah melebar.

Namun, semua itu akan rusak seiring dengan proses pengolahan. Nah, hal ini kerap jadi perdebatan. Ada yang menyebut bahwa manfaat meningkatkan gairah hanya sebuah sugesti semata.

Menurut Dr. Tan Shot Yen, anggapan torpedo kambing bisa meningkatkan gairah seksual itu tidak benar. Dr. Tan mengatakan bahwa gairah seksual itu kompleks.

"Nggak mungkin dong makan torpedo lalu androgen androgen hewan mendongkrak androgen manusia. Kan komposisi hormon hewan dan manusia beda," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa daging kambing mengandung lemak dalam jumlah yang tinggi. Umumnya, jenis lemak tersebut merupakan lemak jenuh yang bisa menumpuk di dinding pembuluh darah.

Bukan hanya itu, daging kambing juga bisa menyebabkan kolesterol. Karenanya ketika mengonsumsi daging babi atau bagian torpedonya harus disertai sayuran dan buah.

Hukum Makan Torpedo Kambing

Terkait hukum mengonsumsi torpedo kambing dalam ajaran Islam, ada dua pendapat dari ulama ahli fikih. Ulama dari mazhab Hanafi berpendapat bahwa ada 7 bagian yang diharamkan dari hewan yang halal dimakan, seperti kambing.

Seperti dikutip dari NU Online, bagian yang diharamkan dari hewan adalah darah yang mengalir, alam kelamin, dua testis, kelamin betina, ghuddah, kemih, dan kandung empedu.

Pendapat itu didasarkan pada hadis riwayat Mujahid yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW tidak menyukai 7 bagian hewan tersebut.

Namun menurut kitab Al-Majmu' Syarhul Muhadzdzab yang ditulis Muhyiddin Syarf An-Nawawi, hadis tersebut dianggap lemah, sehingga tidak bisa dijadikan dasar hukum.

Sementara pendapat kedua datang dari mazhab Syafi'i dan riwayat Habib dari madzhab Maliki menyebut bahwa makan torpedo kambing adalah halal. Untuk 6 bagian lainnya hukumnya makruh.***