Dimulai 1 Agustus 2021, Catat Batas Akhir Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jabar

Dimulai 1 Agustus 2021, Catat Batas Akhir Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jabar
Ilustrasi (antara)

WJtoday, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Badan Penerimaan Daerah (Bapenda) Jabar tengah menggelar program Triple Untung Plus mulai 1 Agustus sampai 24 Desember 2021.

Salah satu item dari program tersebut berupa pembebasan denda pajak kendaraan bermotor kepada seluruh warga Jawa Barat yang terlambat melakukan proses pembayaran. Tak hanya itu, Bapenda pun memberikan diskon pajak kendaraan bermotor.

“Bapenda menggulirkan kembali program pembebasan dan keringanan denda pajak bagi wajib pajak pemilik kendaraan bermotor. Program bernama Triple Untung Plus yang sudah berjalan sejak 1 Agustus 2021,” kata Kepala Bapenda Jabar Hening Widyatmoko, Rabu (1/9/2021).

Ditambahkannya, ini merupakan pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor kedua yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat saat proses Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor penyerahan kedua dan seterusnya di wilayah Jabar.

Item terakhir ialah Bebas Tunggakan PKB tahun ke-5. Program ketiga ini berupa pembebasan tunggakan PKB tahun ke-5 yang diberikan kepada wajib pajak yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun.

Bagi masyarakat yang ingin mengakses program bebas denda PKB harus memenuhi syarat yakni STNK asli, e-KTP asli, SKKP/SKPD terakhir, BPKB asli (khusus wilayah Polda Metro Jaya).

Sementara untuk pajak 5 tahunan ada persyaratan khusus yakni kendaraan harus dihadirkan di Samsat sesuai domisili kendaraan, bukti hasil cek fisik dan BPKB asli.

Sedangkan untuk layanan bebas BBNKB II, masyarakat harus memenuhi delapan syarat sebagai berikut:

-STNK asli
-e-KTP asli pemilik baru
-SKKP/SKPD terakhir
-BPKB asli
-Bukti pengalihan kepemilikan
-Kendaraan dihadirkan di Samsat sesuai domisili kendaraan
-Bukti hasil cek fisik
-Semua berkas difotokopi.  

Berdasarkan hasil pantauan dan informasi yang diperoleh dari salah satu outlet Samsat di ITC Kebon Kelapa Bandung, sejak dimulai program ini awal Bulan Agustus belum terjadi lonjakan warga yang setor pajak kendaraan atau melakukan pemutihan.

"Belum kelihatan lonjakan masyarakat untuk bayar pajak kendaran.  Biasanya bakal banyak itu menjelang penutupan program di bulan Desember." kata salah seorang petugas.

Informasi detail terkait pemutihan pajak ini juga sudah disebar via akun instagram Bapenda Jawa Barat @bapenda.jabar.  ***