Desain Terinspirasi Komodo, Satu Trainset Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai

Desain Terinspirasi Komodo, Satu Trainset Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai
Satu Trainset Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selesai./instagram

WJtoday, Bandung - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) saat ini terus mempercepat proses penyelesaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Terbaru, satu trainset (kereta) telah mulai dibuat lengkap dengan warna dan catnya.

Penampakan trainset kereta cepat ini, diunggah oleh akun resmi Instagram KCIC @keretacepat_id. Akun tersebut memperlihatkan sebuah trainset. Di mana tampak moncong kereta yang diduga bagian depan. Tampak trainset tersebut cukup eksklusif dengan warna merah dan cream.

"Bagi Sobat Kereta Cepat yang telah mengikuti unggahan demi unggahan terkait EMU (Electric Multiple Unit) yang akan melaju dari Halim ke Tegalluar, maka hari ini Mimin punya berita seru nih, telah jadi satu trainset CR400AF," tulis akun tersebut. 

Menurut keterangan akun tersebut, trainset itu dibuat khusus dengan spesifikasi interior dan eksterior Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Jika CR400AF dikenal dengan sebutan Red Dolphin, dengan eksterior kereta berwarna merah, dengan berlatar silver, ternyata eksterior dan interior EMU KCJB nanti memiliki kekhasannya tersendiri lho, Sobat," katanya.

Di mana, desain eksterior di buat mirip dengan salah satu fauna khas Indonesia dari zaman prasejarah, Komodo. EMU KCJB CR400AF memiliki desain eksterior yang terinspirasi dari sisik Komodo yang tercerminkan dalam corak segi tiga.

Kendati begitu, tidak ada penjelasan terkuat produksi trainset itu. Namun akun tersebut menyebut agar proses produksi berjalan lancar dan bisa tiba pada pertengahan tahun mendatang. ***