Densus 88 Ringkus 4 Tersangka Teroris Jaringan JI di Lampung

Densus 88 Ringkus 4 Tersangka Teroris Jaringan JI di Lampung
Ilustrasi (tribun news)

WJtoday, Jakarta - Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penangkapan empat tersangka terorisme jaringan Jamaah Islamiah (JI) di wilayah Lampung.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, mengatakan, keempat teroris yang ditangkap adalah S (47), F (37), AA (42), dan NA (42). Keempatnya ditangkap tanpa perlawanan.

"Keempatnya langsung dibawa ke Polda Lampung untuk pemeriksaan awal dan pengembangan," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (5/11/2021).

Menurut Ramadhan, tersangka S berperan mengikuti berbagai pelatihan fisik (Idad) diberbagai tempat wilayah Lampung dan Jawa. Kemudian, dia juga membantu menyembunyikan beberapa daftar pencarian orang (DPO) tindak pidana terorisme. 

"Tersangka juga merupakan ketua bagian Tholiah JI untuk wilayah Lampung," ucap Ramadhan.

Lalu, tersangka F merupakan bendahara Iqthisod Tim II JI Korwil Lampung. Dia juga hadir dalam berbagai pertemuan yang dilaksanakan oleh Pimpinan JI di Lampung dan di Jawa. 

Selain itu, dia juga mengetahui berbagai kegiatan dan penyembunyian DPO di Lampung. Peran tersangka AA, kata Ramahdan, sebagai Qo'id Korda III JI Wilayah Lampung. Dia juga aktif dalam pertemuan dan pelatihan JI di Lampung dan daerah lainnya.

Terakhir, tersangka NA yang merupakan bendahara Ishobah JI wilayah Lampung. Dia juga membantu pembiayaan untuk DPO dan anggota JI yang menjalani proses hukum.

"Tersangka AA dan NA terlibat dalam beberapa Idad yang di laksanakan dibeberapa tempat di wilayah Lampung," tutup Ramadhan.  ***