Dengan Triple Untung, Bapenda Jabar Targetkan Pendapatan PKB Naik Rp2 Triliun

Dengan Triple Untung, Bapenda Jabar Targetkan Pendapatan PKB Naik Rp2 Triliun
Kepala Bapenda Jabar Hening Widiatmoko menjlelaskan program Triple Undung
WJtoday, Bandung - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar Hening Widiatmoko mengatakan, jika program Triple Untung berjalan dengan normal, dipastikan pendapatan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) akan meningkat hingga Rp2 triliun.

Bapenda Jabar sendiri sebelumnya menargetkan pendapatan dari sektor PKB ini sekitar Rp5 trilun pada 2020 ini. Kontribusi pendapatan PKB terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jabar pun cukup tinggi, hingga mencapai 36,94 persen.

"Maka target kami minimal untuk pengurangan kendaraan tidak melakukan daftar ulang, jika direspons oleh masyarakat dengan baik, terutama data kepemilikan balik nama," ujar Hening dalam kegiatan Bapenda Miboga Informasi (Badami) di Gedung Bapenda Jabar, Jalan Soekarno Hatta No 528, Kota Bandung, Rabu (11/3/2020).

Namun Hening mengakui, hal tersebut membutuhkan waktu. Karena itu, jika diperlukan pihaknya akan memperpanjang program Triple Untung yang dijadwalkan berlangsung hingga 30 April 2020. 

"Kalau dalam 2 bulan ini ada respons positif, kita akan meninjau untuk melanjutkan program bebas selanjutnya," jelasnya.

Hening menjelaskan, saat ini target yang ditetapkan Bapenda bisa dikatakan masih normal.

"Memang masih belum ada pengaruh dari masalah eksternal, masalah ekonomi global, ekonomi nasional, yang memang suka atau tidak suka akan berimbas kepada pembelian kendaraan bermotor. Dan itu bukan hal positif," katanya.

Karena, sambung Hening, masyarakat akan menahan diri untuk tidak beli kendaraan dulu. Selain itu, menurutnya, masyaarakat yang siap membayar bayar akan berpikir ulang untuk melakukannya jika melihat prospek ekonomi yang cenderung lesu.

"Ini kami harapkan tidak terjadi berkepanjangan. Sehingga lintasnya tidak terasa," pungkasnya. ***