Deklarasi KAMI Jabar Besok, Gatot Nurmantyo dan Din Syamsuddin Akan Hadir Beri Pidato

Deklarasi KAMI Jabar Besok, Gatot Nurmantyo dan Din Syamsuddin Akan Hadir Beri Pidato
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin
WJtoday, Bandung - Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Barat akan dideklarasikan besok, Senin 7 September 2020. Deklarasi akan dilakukan di Hotel Grand Pasundan, Bandung. 

“Deklarasi KAMI Jabar, Hotel Grand Pasundan, Bandung, Senin (7/9/20),” ujar deklarator KAMI Syahganda Nainggolan dalam akun Twitter pribadinya, Minggu (6/9). 

Syahganda menjelaskan bahwa deklarasi nanti akan menghadirkan tokoh-tokoh utama KAMI. Seperti mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin, dan mantan Kepala BNP2TKI Mohammad Jumhur Hidayat. 

Nama-nama itu nantinya akan memberikan pidato kepada peserta deklarator. 

“Bangkitlah rakyat Sunda, bangkitlah Indonesia! Maung Siliwangi, bukan meong,” tutupnya mengakhiri pengumuman tersebut. 

Sebelumnya, Kolonel TNI (Purn) Sugeng Waras kepada media mengatakan optimis KAMI Jawa Barat bakal mendapat sokongan dari semua pihak.

“Deklarasi KAMI Jawa Barat yang akan dideklarasikan di Bandung optimis akan didukung dan direstui sebagian besar elemen bangsa Indonesia umumnya dan masyarakat Jawa Barat khususnya,” kata Sugeng, dalam keterangannya, Sabtu (5/9).

Sugeng menerangkan, optimisme tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, seluruh komponen dan stakeholder di Jawa Barat telah berkomitmen serta siap mendukung kondusifitas.
 
Maka dari itu, pengamat pertahanan dan keamanan tersebut optimis dan percaya hal-hal seperti yang terjadi di Tugu Proklamasi Jakarta tidak akan terjadi di Bandung.

Keyakinan tersebut dilandasi lantaran masyarakat Jabar adalah masyarakat Siliwangi yang sejak dulu senantiasa bersama-sama berjuang melawan musuh yang menghambat dan menghalang-halangi tujuan perjuangan.


Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Pusat mendeklarasikan diri di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2020). 

Tokoh yang terlihat bergabung dalam acara itu ialah Din Syamsuddin, Gatot Nurmantyo, Refly Harun, Rocky Gerung, Ichsanuddin Noorsy, Lieus Sungkharisma, Said Didu, Adhie Massardi, MS Kaban, Chusnul Mariyah Nurhayati Assegaf dan Syahganda Nainggolan.

Kemudian tokoh yang juga disebut hadir adalah Amien Rais, Titiek Soeharto, Meutia Hatta dan Rizal Ramli.

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin sempat mengumumkan keberadaan KAMI pada 2 Agustus lalu. Din bahkan mengaku ada lebih dari 150 orang yang akan turut hadir dan menjadi anggota koalisi tersebut.

Mereka mewakili sejumlah unsur dan elemen masyarakat, mulai dari tokoh lintas agama, cendekiawan, akademisi, profesional, aktivis, buruh, dan angkatan muda.

Selain itu, Din juga mengklaim saat ini KAMI telah dideklarasikan dan mendapat dukungan oleh masyarakat di sejumlah wilayah, baik di dalam dan luar negeri. Di luar negeri, KAMI telah telah dideklarasikan oleh WNI di Amerika Serikat, Qatar, Swiss, hingga Taiwan.***