Debut Thomas Tuchel, Chelsea Hanya Imbang Lawan Wolverhampton

Debut Thomas Tuchel,  Chelsea Hanya Imbang Lawan Wolverhampton
Thomas Tuchel memberikan arahan kepada pemain Chelsea dalam duel Liga Inggris kontra Wolverhampton
Westjavatoday.com - Chelsea  telah resmi menunjuk Thomas Tuchel untuk menjadi manajer, Rabu dini hari WIB 27 Januari 2021. Dia menggantikan Frank Lampard yang dipecat oleh manajemen.

Thomas Tuchel yang baru sehari menjadi manajer Chelsea hanya bisa memetik hasil seri 0-0 dalam debutnya saat menjamu Wolverhampton dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis, 28 Januari 2021 dini hari WIB.

Tuchel melakukan langkah berani dalam meracik starting eleven pertamanya di Chelsea dengan membangkucadangkan Mason Mount yang musim ini menjadi salah satu pemain inti di bawah kepelatihan Frank Lampard. Tuchel juga menurunkan Olivier Giroud yang tak banyak mendapat kesempatan di era Lampard.

Perubahan itu sempat menjanjikan saat Chelsea menciptakan peluang hanya lima menit setelah kickoff. Sayang, Giroud tak mampu menjangkau umpan tarik kiriman Callum Hudson-Odoi di area tiang dekat.

Chelsea kembali menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-20 ketika sapuan kapten Wolverhampton Conor Coady jatuh ke hadapan Hakim Ziyech. Sayang tembakan melengkung pemain tim nasional Maroko itu masih terlalu mudah diamankan kiper Rui Patricio.

Pada menit ke-39 peluang lain diciptakan Chelsea melalui tendangan bebas Ziyech yang disambut tandukan Antonio Ruediger, tetapi lagi-lagi Patrico melakukan penyelamatan gemilang.

Semenit berselang, Wolverhampton mengancam balik saat Pedro Neto mengirim umpan silang tetapi tandukan Leander Dendoncker melambung di atas mistar gawang.

Ketika turun minum, catatan statistik laman resmi Liga Inggris memperlihatkan Chelsea baru di bawah Tuchel memperlihatkan perubahan impresif dengan melepaskan 433 umpan sepanjang 45 menit pertama yang merupakan jumlah terbanyak sejak 2003/2004.

Perubahan itu hampir mewujud menjadi gol pada menit ke-61 ketika Kai Havertz mengirimkan umpan tarik ke arah Ben Chilwell. Tetapi sayang tembakan penyelesaian bek kiri gelandang Chelsea ini melambung tinggi dari sasaran.

Sepuluh menit kemudian Tuchel patut berlega hati ketika Wolverhampton hampir mencetak gol melalui Neto yang tinggal berhadapan dengan kiper Edouard Mendy. Beruntung sepakannya masih membentur mistar gawang.

Chelsea menciptakan tiga peluang lain dalam 10 menit terakhir pertandingan, Skor 0-0 bertahan hingga akhir laga.

Chelsea kini menempati peringkat ke-8 Premier League dengan 30 poin dari 20 laga. Sedangkan Wolves ada di urutan ke-13. Mereka mencatat 23 poin dari 20 laga.***