China Batasi Anak Main Game Online Hanya Tiga Jam per Minggu

China Batasi Anak Main Game Online Hanya Tiga Jam per Minggu
Ilustrasi Anak maen game Online ( reuters)

WJtoday, Beijing - Otoritas China membatasi anak untuk bermain game online atau daring menjadi satu jam saja. Seperti dilaporkan BBC, Selasa (31/8/2021), pemain game online yang masih di bawah usia 18 tahun hanya diizinkan bermain pada hari Jumat, akhir pekan, dan hari libur.

Administrasi Pers dan Publikasi Nasional menyatakan kepada kantor berita pemerintah  Xinhua bahwa bermain  game  hanya akan diizinkan antara jam 8 malam sampai jam 9 malam.

Aturan itu juga menginstruksikan perusahaan game untuk mencegah anak-anak bermain di luar waktu tersebut. Awal Agustus, outlet media pemerintah menyebut game daring sebagai "candu spiritual".

Inspeksi perusahaan game daring juga akan ditingkatkan, untuk memeriksa apakah batas waktu sedang ditegakkan, kata regulator.

Aturan sebelumnya telah membatasi bermain game daring anak-anak hingga 90 menit per hari, meningkat menjadi tiga jam pada hari libur.

Langkah ini mencerminkan keprihatinan jangka panjang tentang dampak permainan berlebihan pada kaum muda.

Sebulan sebelum pembatasan terbaru, satu artikel yang diterbitkan oleh Economic Information Daily yang dikelola negara mengklaim banyak remaja telah menjadi kecanduan game daring dan kondisi itu berdampak negatif pada mereka.

Artikel tersebut mendorong penurunan signifikan dalam nilai saham di beberapa perusahaan game daring terbesar di Tiongkok.

Pada Juli, raksasa game Tiongkok yakni Tencent mengumumkan akan meluncurkan pengenalan wajah untuk menghentikan anak-anak bermain game antara pukul 22.00 dan 08.00.

Langkah tersebut menyusul kekhawatiran bahwa anak-anak menggunakan identitas orang dewasa untuk menghindari aturan.***