Buntut Video Istri Pamer Uang, Kapolres Tebing Tinggi Dicopot

Buntut Video Istri Pamer Uang, Kapolres Tebing Tinggi Dicopot
Kapolres  Tebing  Tinggi  AKBP Agus Sugiyarso resmi dicopot dari jabatannya (instagram)

WJtoday, - Video viral di aplikasi media sosial TikTok  menunjukkan rekaman aksi pamer segepok uang pecahan Rp100 ribu yang dilakukan istri Kapolres Tebingtinggi berbuntut pencopotan  jabatan.

Kapolres  Tebing  Tinggi  AKBP Agus Sugiyarso resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Tebing Tinggi dan dimutasi ke Pamen Yanma Polri.

Keputusan itu berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor ST/2280/X/KEP./2021 tertanggal 31 Oktober 2021.

Peringatan keras pun disampaikan Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, pascapencopotan pejabat Polri itu.

Terkait pencopotan itu, Panca mengatakan, aksi istri Kapolres itu bertolak belakang dengan Instruksi Kapolri terkait gaya hidup personel Polri, termasuk keluarga.

"Saya hari ini sudah mengambil langkah menindaklanjuti apa yang menjadi perintah Bapak Kapolri, bahwa setiap anggota Polri untuk hati-hati dan waspada terhadap penggunaan sarana media sosial."

"Terlebih gambar-gambar yang menampilkan kegiatan bisa menimbulkan persepsi hedonisme," ujar Panca kepada media secara virtual dikutip , Selasa (2/11/2021).

Ia mengungkapkan, video pamer uang itu direkam saat istri Kapolres Tebing Tinggi sedang arisan.

"Kemarin oleh Ibu Kapolres  Tebing Tinggi, ada gambar memegang uang pada saat arisan yang rutin dilakukan di Polres Tebing Tinggi."

"Namun, gambar dan foto itu di-upload oleh stafnya."

"Kemudian, masuk di akun Instagram-nya dan viral," beber Panca

Selanjutnya, pencopotan Kapolres Tebing Tinggi juga sebagai bentuk tanggung jawab suami atas perbuatan sang istri.

"Meski bukan dia yang meng-upload, tapi kita melihat dia tahu bahwa perintah pimpinan Polri tidak boleh menampilkan gambar-gambar yang menunjukkan hedonisme, meskipun itu bukan uangnya," katanya.

"Sebagai tanggung jawab suaminya, Kapolres saya tarik ke Polda dalam rangka evaluasi," terang Kapolda Sumut.

Jabatan Kapolres Tebing Tinggi kemudian diketahui digantikan oleh AKBP M Kunto Wibisono dari Kabag Ops Polres Jakarta Barat.

Panca lalu menegaskan, pencopotan AKBP Agus Sugiyarso dari jabatan Kapolres Tebing Tinggi sebagai konsekuensi atas pelanggaran yang terjadi.

"Itu konsekuensi sebagai anggota Polri."

"Saya sudah sampaikan, setiap anggota Polri yang melakukan pelanggaran wajib hukumnya menerima sanksi sesuai dengan kesalahannya," tegas dia.

Sebelumnya  Video viral di aplikasi media sosial TikTok itu menunjukkan rekaman aksi pamer segepok uang pecahan Rp100 ribu yang dilakukan istri Kapolres Tebingtinggi.

Informasi yang dihimpun, Akun TikTok @ecimot512 yang diduga merupakan akun milik Eci Agus Sugiyarso, istri Kapolres Tebingtinggi, mengunggah video dengan mengenakan kaos berlogo tribrata sambil menari dengan memegang setumpuk uang.***