Buntut Seragam Mirip NasDem, KASN Panggil Sekjen Kementan Jumat Besok

Buntut Seragam Mirip NasDem, KASN Panggil Sekjen Kementan Jumat Besok
ASN Kementan pakai baju mirip kostranas NasDem (Dok. YouTube DPR RI)

WJtoday, Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bakal memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyo. Pemanggilan ini berkaitan dengan pejabat eselon I Kementan yang mengenakan seragam loreng Komando Strategis NasDem.

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan pemanggilan ini juga berkaitan dengan fungsi dan pengawasan penegakan netralitas ASN.

"KASN akan memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian pada Jumat, 19 November 2021 di kantor KASN untuk meminta klarifikasi lebih lanjut," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (18/11/2021).

Agus menjelaskan, dalam Pasal 9 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) telah menetapkan bahwa ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. Ketentuan ini wajib dijalankan oleh setiap ASN.

"Netralitas ASN adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi karena ASN berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Apalagi bagi seorang pejabat JPT Madya yang semestinya menjadi contoh bagi bawahan," jelas Agus.

Selanjutnya, terkait dengan kemungkinan sanksi yang akan diberikan, Agus menyebut akan disesuaikan dengan koridor ketentuan yang berlaku.

"Tentunya KASN akan melakukan pemeriksaan secara objektif dan independen," pungkasnya.

Baca Juga : Pejabat Kementan Pakai Seragam Mirip NasDem Tuai Sejumlah Kritik

Sebelumnya beredar foto ASN Kementerian Pertanian berbaju loreng biru yang identik dengan seragam Komando Strategis atau Kostranas Partai NasDem.

Mereka adalah Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa ASN lainnya.

Mereka juga tampak berfoto dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 NasDem beberapa waktu lalu. Diketahui, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo merupakan kader NasDem.***