Buka Olimpiade APBN 2021, Sri Mulyani Ingin Pemenang Jadi Duta

Buka Olimpiade APBN 2021, Sri Mulyani Ingin Pemenang Jadi Duta
Olimpiade APBN 2021./Kemenkeu

WJtoday, Jakarta - Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) Sri Mulyani Indrawati ingin anak-anak muda yang menang dalam Olimpiade APBN 2021 diangkat menjadi Duta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Menurut dia, generasi muda yang memiliki keingintahuan terhadap instrumen penting yaitu keuangan negara patut diapresiasi.

"Saya berharap mereka nanti bisa menjadi duta-duta APBN. Nanti dipikirkan untuk membuat mereka menjadi duta-duta, sehingga mereka betul-betul jadi Duta APBN. Kita berikan juga penghargaan," kata Sri Mulyani saat konferensi virtual pada Minggu (12/9/2021).

Tahun ini, kata dia, Olimpiade APBN diikuti sebanyak 2.072 peserta yang terdiri dari region satu, region dua, region tiga dan region empat. Region satu, wilayah Sumatera ada 405 orang. Kemudian, Jawa-Bali sebanyak 1.127 peserta, Sulawesi-Kalimantan ada 250 orang, dan region keempat ada 290 orang.

"Ini kan satu kelompok kecil dibanding jutaan anak-anak setingkat mereka, tapi mereka punya komitmen dan perhatian serta keseriusan yang mengagumkan. Ini menggambarkan anak-anak muda yang bisa menjadi thereal rule model bagi anak muda yang lain," ujarnya.

Baca Juga : Masa Depan Generasi Muda Bergantung pada Negara

Makanya, Sri Mulyani mengatakan wacana menjadikan anak muda sebagai Duta APBN akan membuat mereka tidak hanya fokus pada pertandingan Olimpiade APBN saja. Tetapi, dalam keseharian akan terus memunculkan sikap atau value-value yang masuk ke dalam.

"Ke depannya, kita berharap muncul generasi-generasi muda yang betul-betul memiliki apa yang disebut pemahaman tapi bisa mengontrol masa depannya," ujarnya.

Menurut dia, anak-anak muda yang memiliki pengetahuan, punya kepercayaan diri ingin dan memahami bahwa mengurusi Indonesia merupakan urusan bersama. Tentu, semua wajib untuk ikut dan menentukan ke depannya Indonesia ini ingin seperti apa.

"Jangan sampai memiliki mental, saya lahir di Indonesia ya terserah saja. Pemimpin saya yang akan membawa sampai ke mana kita akan pergi. Enggak juga. Indonesia itu milik kita bersama," ujarnya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani menganggap anak-anak muda mulai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga perguruan tinggi yang mengikuti Olimpiade APBN 2021 merupakan proses yang luar biasa bagus. Mereka semua adalah para pemenang.

"Apapun hasilnya, saya anggap Anda adalah pemenang. Untuk bisa masuk ke dalam lomba ini, memasukkan berbagai karya saya anggap Anda adalah pemenang di seluruh Indonesia. Dengan ikut lomba ini saja, merupakan orang-orang pilihan atau pemenang," ujarnya.***