BMKG Prakirakan Hujan Turun di Sejumlah Kota Besar Disertai Petir

BMKG Prakirakan Hujan Turun di Sejumlah Kota Besar Disertai Petir
Citra satelit kelembaban udara di wilayah Indonesia pada 3 November 2021. (bmkg)

WJtoday, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan turun di sejumlah kota besar di Indonesia pada Rabu (3/11/2021).

Dari data yang dikutip dari laman resmi BMKG, hujan disertai petir diprakirakan meliputi Kota Bengkulu, Yogyakarta, Pontianak, Banjarmasin, Tanjung Pinang, Kupang, Manado, dan Palembang.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi turun di Kota Banda Aceh, Denpasar, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Jayapura, Manokwari, Pekan Baru, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Selain itu, BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai kemungkinan terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di daerah Aceh Tengah, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Bener Meriah, dan Pidie Jaya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Bandung dan Sejumlah Kota di Jabar, Rabu (3 November)

Untuk wilayah Jawa barat, BMKG minta mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga sore hari di Kab. dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab. dan Kota Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Subang, Kab. dan Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta,

Kemudian Kab. dan Kota Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab. Garut, Kab. dan Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis dan Kota Banjar, Kab. Pangandaran, Kab. Sumedang, Kab. Majalengka, dan Kab. Kuningan.

Menurut prakiraan BMKG, suhu di kota-kota besar di Indonesia pada Rabu berkisar 20 hingga 34 derajat Celsius dan kelembapannya berkisar antara 55 dan 100 persen.  ***