BMKG Peringatkan Hujan Deras dengan Potensi Terjadi Bencana

BMKG Peringatkan Hujan Deras dengan Potensi Terjadi Bencana
Ilustrasi (antara)

WJtoday, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadi peningkatan curah hujan di beberapa daerah di Indonesia yang berpotensi memicu bencana banjir hingga tanah longsor, Rabu (17/11/2021).

Dipantau dari laman resmi BMKG, potensi hujan deras diprakirakan terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Sedangkan untuk wilayah Selatan Indonesia diprakirakan terdapat di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk wilayah Jawa Barat, BMKG minta waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang siang hingga menjelang malam hari di Kab. dan Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Garut, Kab. dan Kota Tasikmalaya.

Kemudian, Kab. dan Kota Bekasi, Kab. Purwakarta, Kab. Karawang, Kab. Subang, Kab. dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Sumedang, Kab. Ciamis, Kota Banjar, Kab. Kunigan, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat, Kab. Indramayu, Kab. Majalengka

Baca juga: Gubernur: Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Maret 2022

Untuk wilayah Kalimantan diprakirakan mencakup seluruh wilayah Kalimantan terdapat potensi hujan deras disertai dengan kilat petir dan juga angin kencang.

Untuk wilayah Sulawesi dan Timur Indonesia diprakirakan terdapat di wilayah Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Kepada masyarakat di wilayah Maluku Utara dan juga Papua Barat, BMKG mengimbau untuk waspada sebab terdapat potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang.

Sejumlah wilayah ibu kota provinsi yang diprakirakan berawan hingga cerah di antaranya Bengkulu, Pontianak, Bandar Lampung, Ternate, Kupang, Manokwari, Padang dan Palembang.

Adapun situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar antara 22 hingga 33 derajat celsius dengan tingkat kelembapan berkisar antara 60 hingga 100 persen.  ***