Bikin Bingung ! Muhadjir, Luhut dan KSP Berbeda Soal Perpanjangan PPKM Darurat

Bikin Bingung !  Muhadjir, Luhut dan KSP Berbeda Soal Perpanjangan PPKM Darurat

WJToday,Jakarta,- , Pernyataan para pejabat utama di lingkaran Presiden Jokowi soal perpanjangan PPKM Darurat berbeda satu sama lainnya.

Awalnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengabarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akan diperpanjang hingga akhir Juli.

Muhadjir menerangkan perpanjangan PPKM Darurat untuk menekan penularan virus corona (Covid-19) itu malah  sudah diputuskan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kabinet Terbatas (Ratas).

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan oleh Bapak Presiden, dilanjutkan sampai akhir Juli, sampai akhir Juli PPKM ini," kata Muhadjir di Hotel University Club (UC) UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (16/7/2021).

Dalam rapat itu pula, kata Muhadjir, Jokowi menyampaikan kepada peserta rapat bahwa perpanjangan masa PPKM darurat ini penuh konsekuensi. Mulai dari upaya untuk terus menyeimbangkan disiplin warga akan protokol pencegahan penularan Covid-19, standar PPKM, serta pemenuhan bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak.

Berbeda dengan Muhadjir, Tenaga Ahli Utama KSP (KSP) Edy Priyono mengatakan, saat ini memang ada wacana untuk memperpanjang PPKM Darurat. Akan tetapi sepengetahuannya belum diputuskan.

“Ada wacana ke situ. Tapi setahu saya belum diputuskan,” katanya kepada wartawan, Jumat (16/07/2021).

Edy mengatakan, keputusan PPKM Darurat diperpanjang ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

“Kalau keputusan, tentu penentu akhirnya adalah Presiden, setelah mendengar masukan berbagai pihak, juga mempertimbangkan berbagai aspek. Beliau panglima tertinggi penanggulangan Covid. Tapi kalau yang akan mengumumkan, saya kurang tahu. Bisa Presiden langsung, bisa juga pejabat yang lain,” terangnya.

Sementara itu juru bicara Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah masih melakukan evaluasi terkait diperpanjang atau tidaknya PPKM Darurat.

“Masih ada beberapa hal yang dibahas dan dievaluasi. Besok (Sabtu 17 Juli 2021) rencananya akan ada pengumuman yang terkait,” terang Jodi Mahardi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (16/7/2021) malam. ***