Biden Klaim Telah Bunuh Pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri

Biden Klaim Telah Bunuh Pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri
Ayman al-Zawahiri bersama Osama bin Laden tahun 2001. (Reuters)

WJtoday, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan bahwa Amerika Serikat telah membunuh pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri dalam sebuah serangan drone.

“Keadilan telah tercapai, dan pemimpin teroris ini sudaH tidak ada lagi. Masyarakat di seluruh dunia sudah tak perlu lagi merasa takut akan pembunuh berdarah dingin ini,” kata Joe Biden, Selasa (2/8/2022).
 
Joe Biden menekankan bahwa Amerika Serikat akan terus menunjukkan kemampuan mereka untuk melindungi warganya dari mereka yang ingin melukai AS.

“Malam ini kembali kami jelaskan, tak peduli berapa lama dibutuhkan, tak peduli di mana kalian bersembunyi, jika kalian adalah ancaman bagi AS, maka kami akan memburu kalian dan membasmi kalian,” tegas Biden.

Pemimpin Al Qaeda Zawahiri yang Terkait Serangan 11 September 2001 Tewas dalam Serangan AS di Afghanistan

Pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri yang juga seorang ahli bedah Mesir dihargainya kepadanya sebesar 25 juta dolar AS. Dia dituduh membantu mengkoordinasikan serangan 11 September 2001 yang menewaskan hampir 3.000 orang di AS.

Selain bertanggung jawab atas serangan 11 September 2021, Zawahiri terlibat atas serangan terhadap USS Cole dan Kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania.

Ayman al-Zawahiri menggantikan posisi Osama bin Laden saat Laden dibunuh pasukan Amerika Serikat di Pakistan pada tahun 2011. Amerika bahkan sempat mengumumkan hadiah 25 juta dollar (sekitar 371 miliar rupiah).***