Besok Dewas KPK Bakal Gelar Sidang Etik Lili Pintauli

Besok Dewas KPK Bakal Gelar Sidang Etik Lili Pintauli
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Lili Pintauli Siregar

WJtodayJakarta - Dewan Pengawas  Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) bakal menggelar sidang etik terhadap Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Sidang etik terkait dugaan keterlibatan Lili dalam kasus yang menjerat mantan penyidik Stepanus Robin Pattuju.

"Rencananya sidang perdana Selasa (3 Agustus 2021) besok," kata anggota Dewas  KPK  Syamsuddin Haris , Senin, 2 Agustus 2021.

Surat panggilan sidang sudah dilayangkan. Sidang akan berlangsung tertutup.

"Sesuai Perdewas Nomor 03 Tahun 2020, sidang etik berlangsung tertutup, kecuali pembacaan putusan yang dilakukan terbuka," ujar Syamsuddin.

Sebelumnya, Robin membenarkan ada komunikasi antara Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial dan Lili Pintauli Siregar. Komunikasi keduanya dibantu seseorang bernama Fahri Aceh.

Keduanya membahas pengurusan perkara jual beli jabatan di Tanjungbalai yang menyeret Syahrial.

"Terdakwa (Syahrial) menyampaikan bahwa saya ditelepon oleh Bu Lili yang menyampaikan bahwa 'Gimana? Berkas kamu di meja saya nih' itu Bu Lili kepada terdakwa saat itu," kata Robin dalam sidang virtual di Jakarta, Senin, 26 Juli 2021.

Robin tidak memerinci waktu pembicaraan itu. Syahrial diduga meminta Lili membantu agar penanganan perkara jual beli jabatan di Tanjungbalai yang tengah diusut KPK tak dilanjutkan.

"Kemudian terdakwa menyampaikan kepada Bu Lili 'Bantu lah bu', kemudian setelah itu, Bu Lili menyampaikan ketemu dengan orang saya di Medan namanya Fahri Aceh," ujar Robin.***