Bertemu Prabowo, Ridwan Kamil Akui Ada Obrolan Politik

Bertemu Prabowo, Ridwan Kamil Akui Ada Obrolan Politik

WJtoday, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto pada Senin (21/6) malam. Pertemuan dengan Prabowo tersebut diunggah oleh Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya. 

Menurut informasi yang dihimpun, mereka bertemu di wilayah Jakarta. Lantas apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut? 

Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- menyebutkan, dalam pertemuan itu keduanya membahas berbagai hal. Di antaranya rencana pembangunan pengembangan kampus hingga program Jawa Barat.

"Bersama Menteri Pertahanan Bapak @prabowo Subianto, membahas berbagai rencana pembangunan penguatan SDM di Jawa Barat termasuk pembangunan pengembangan kampus Unhan di Sukabumi," tulis Emil dikutip WJtoday, Selasa, 22 Juni.

Emil dan Prabowo juga membahas soal penyiapan balai latihan dan pendidikan pertahanan di Bogor untuk disiapkan menjadi RS Darurat Covid-19.

"Juga komitmen Kemenhan, untuk menyiapkan balai latihan dan pendidikan pertahanan di Bogor untuk disiapkan menjadi RS Darurat Covid jika dibutuhkan," ungkapnya.

Di akhir pertemuan, Emil memberikan cenderamata batik yang didesain olehnya sendiri. Sedangkan Prabowo, memberikan buku tentang kepemimpinan militer.

Emil berharap pertemuan keduanya akan memperkuat Indonesia melalui suksesi pembangunan di Jawa Barat.

"Semoga sinergi ini akan menguatkan kesuksesan pembangunan di Indonesia melalui Jawa Barat," kata Emil. 

Akui Ada Obrolan Politik

Disinggung mengenai pertemuan itu, Ridwan Kamil mengakui ada perbincangan politik, yakni mengenai dukungan Partai Gerindra untuk menguatkan kondusivitas politik di Jabar. Partai Gerindra pun bakal bersinergi untuk mendukung program yang dicanangkan di Jabar.

"Obrolan politik lebih kepada komitmen Gerindra lewat Pak Taufik (Ketua DPRD Jabar) agar membantu menguatkan kondusivitas politik di Jabar. Gerindra mendukung program Jabar Juara Lahir Batin dan kita bersinergi ke depan menguatkan kesuksesan Partai Gerindra di Jabar," kata dia kepada wartawan, Selasa (22/6).

Emil memastikan hubungan dirinya dengan Partai Gerindra terjalin dengan baik. Begitupun, hubungan dengan Prabowo sebagai pimpinan partai terjalin baik.

Ada pun disinggung mengenai peluang rujuk dengan Partai Gerindra, dia tak memberi jawaban secara tegas. Diketahui, ketika Partai Gerindra menjadi partai yang turut mendukungnya ketika maju sebagai Wali Kota Bandung.

"Kalau boleh tidak ada istilah itu (rujuk) ya karena dulu juga lebih pada situasi dan kondisi saja. Hormat saya kepada secara pribadi dan hormat saya kepada Partai Gerindra," ucap dia.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan, bahwa dirinya memang harus dekat dengan seluruh partai di Indonesia untuk menyukseskan program yang telah dicanangkan di Jabar. Adapun sebelumnya, diketahui Emil sudah bertemu dengan pimpinan Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga pimpinan Partai Golkar Airlangga Hartanto.

"Pada dasarnya gubernur Jabar harus dekat dengan semua partai. Karena semakin banyak dukungan semakin sukses sehingga dengan Bu Mega, Pak Prabowo, Cak Imin, Pak Zulkifli, Pak Surya Paloh, Presiden PKS, Mas AHY, Pak Airlangga," ujar dia.***