Bersedekah Beri Manfaat Luar Biasa bagi Kehidupan

Bersedekah Beri Manfaat Luar Biasa bagi Kehidupan
Ilustrasi (wjtoday/yoga enggar)

WJtoday, Bandung - Sedekah merupakan amalan atau ajaran Islam yang sangat mulia dan dianjurkan untuk dijalankan. Banyak manfaat sedekah yang bisa didapatkan dari amalan satu ini. 

Selain mendapatkan pahala, sedekah juga memberikan banyak manfaat kepada orang banyak. Meski amalan ini dipamerkan, namun orang itu tetap mendapatkan pahala atau ganjaran.

Bersedekah tidak hanya berpatokan pada harta benda saja, namun bisa dilakukan dengan cara lain. Diantaranya, menolong orang lain dengan tenaga dan pikiran, menyingkirkan batu dari jalan, senyum dan lain-lain. 

Allah SWT berfirman: “Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS Al-Baqarah 261)

Dengan bersedekah, banyak manfaat bagi kita yang dampaknya luar biasa, di antaranya sebagai berikut.

1. Pahalanya berlipat ganda
Imam As-Suyuthi mengatakan manfaat sedekah dibagi menjadi lima macam. Pertama, sedekah yang pahalanya 10 kali lipat. Sedekah yang dilakukan kepada orang yang sehat. Kedua, sedekah yang pahalanya 90 kali lipat. Sedekah yang dilakukan kepada orang buta dan terkena musibah.

Ketiga, sedekah yang pahalanya 900 kali lipat. Sedekah yang dilakukan kepada kerabat yang membutuhkan. Keempat, sedekah yang pahalanya 100 ribu kali lipat. Sedekah yang dilakukan kepada kedua orang tua. Kelima, sedekah yang pahalanya 900 ribu kali lipat. Sedekah yang dilakukan kepada ulama.

2. Lebih ampuh daripada doa
Sedekah lebih ampuh digunakan ikhtiar tolak bala daripada sekedar doa. Abu Hurairah ra, seorang sahabat yang banyak meriwayatkan hadits nabi  mantap memilih sedekah untuk tolak balak daripada sekedar doa. Namun sedekah harus tetap menggunakan harta benda yang halal.

3. Dapat menghapus dosa
Manusia merupakan makhluk yang tidak luput dari dosa, salah satu amalan yang bisa menghapus dosa yakni sedekah. Sebab sedekah itu mensucikan. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api” (HR At-Tirmidzi).

4. Sedekah dapat mendatangkan rezeki
Tidak hanya membersihkan diri dari dosa, dengan sedekah bisa mendatangkan rezeki. Jika yakin kepada Allah, akan digantikan dengan yang lebih baik. 

Rasulullah SAW bersabda: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR Muslim).

5. Mendapatkan naungan pada hari kiamat
Nabi Muhammad SAW menjelaskan salah satu orang yang akan mendapatkan naungan pada hari kiamat adalah orang yang bersedekah. Rasulullah bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kananya.” (HR bukhari).

6. Dapat memanjangkan usia dan mencegah kematian buruk
Salah satu manfaat sedekah lainnya adalah memanjangkan usia. Yang dimaksud memanjangkan usia yakni amal kebaikan orang yang sedekah akan terus dikenang melebihi umur hidupnya. Selain itu, orang yang gemar sedekah akan dijauhkan dari kematian yang buruk.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk. Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga kepada diri sendiri,” (HR Thabrani).

7. Menjauhkan Diri dari Api Neraka
Dengan pahala yang didapatkan berlipat ganda, orang yang yang gemar sedekah dijauhkan dari siksaan api neraka. 
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma” (Mutafaqun ‘alaih).

Rasulullah SAW bersabda: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya ” (HR Ahmad).

8. Terhindar dari penyakit jasmani dan rohani
Sedekah bisa menghindarkan seseorang dari penyakit jasmani dan rohani. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan sedekah dna persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR Ath-Tabrani).

9. Terhindar dari penyakit hati
Orang yang rajin bersedekah akan terhindar dari penyakit hati. Rasulullah SAW bersabda: “Jika kamu hendak melembutkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim” (HR Ahmad).

10. Mencegah segala macam bencana dan musibah
Allah akan mencegah segala macam bencana dan musibah kepada orang yang gemar sedekah. Sedekah bisa menolak berbagai bentuk musibah bagi siapapun, termasuk dari golongan zalim. 

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah dapat menyelamatkan manusia dari kematian buruk”.

11. Sedekah menjadi penyebab manusia didoakan malaikat
Nabi SAW bersabda: “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata ‘ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’ sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ’ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)”. (HR Bukhari-Muslim).

12. Orang yang gemar bersedekah akan mendapatkan keberkahan jiwa dan hartanya.
Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya (QS Saba 34: 39). Bahkan, jika disedekahkan, maka tidak berkurang karena Allah akan menggantinya. 

13. Pahala orang bersedekah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT
Sebagaimana firman Allah : "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka: dan bagi mereka pahala yang banyak" (QS 57:18).  ***
(Pam: dari berbagai sumber)