EURO 2020

Belanda Tersingkir dari Euro 2020, Dikalahkan Ceko 2-0

Belanda Tersingkir dari Euro 2020, Dikalahkan Ceko 2-0
Ceko membuat kejutan dengan mengalahkan Belanda 2-0 pada babak 16 besar Euro 2020, Minggu (27/6/2021)./(twitter)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Belanda tak berkutik saat berhadapan dengan Republik Ceko dalam babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Minggu (27/6/2021)  WIB. De Oranje harus menyerah kalah 0-2.

Sempat menekan di awal laga, Belanda seperti kehabisan kreativitas tak seperti diperlihatkan saat penyisihan grup. Ceko malah mampu bermain lepas dan membuat sejumlah peluang berbahaya.

Pada menit ke-30, Barak yang sudah berhadapan dengan kiper Stekelenburg tak mampu memanfaatkan peluang. Tendangannya masih mampu dimentahkan kiper Belanda. Keudukan 0-0 bertahan hingga paruh waktu.

Memasuki babak kedua, meski mampu mengembangkan permainan, Belanda belum juga bisa membobol gawang Ceko. Petaka bagi Belanda dimulai pada menit ke-53 saat Mathijjs De Ligt diusir wasit karena melakukan handsball dengan sengaja.

Ceko mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk memimpin di menit ke-68. Dari skema tendangan penjuru, Tomas Holes yang tak terkawal dengan mudah menanduk bola ke gawang Belanda, 1-0 untuk Ceko.

Ketinggalan satu gol membuat Belanda meningkatkan serangan untuk mengejar ketertinggalan, namun tak ada peluang yang berbahaya. Saat keasyikan menyerang, malah anak asuh Frank de Boer kebobolan lagi.

Pada menit ke-80, memanfaatkan kesalahan lini belakang Belanda, bintang Ceko Patrik Schick dengan tendangan first time kaki kiri mampu membobol gawang Belanda usai menerima umpan matang dari sayap kiri.

Kedudukan 2-0 untuk keunggulan Ceko bertahan hingga laga usai. Pada babak perempat final, Ceko akan berhadapan dengan tim kuda hitam lainnya Denmark.  ***