EURO 2020

Belanda Kalahkan Ukraina 3-2 dalam Duel Sengit di Amsterdam

Belanda Kalahkan Ukraina 3-2 dalam Duel Sengit di Amsterdam
Belanda kalahkan Ukraina 3-2 dalam laga sengit di Cruijff Arena Amsterdam, Senin (14/6/2020) dini hari. (twitter)

WJtoday, Bandung - LAGA seru terjadi ketika tuan rumah Belanda berhasil mengalahkan Ukraina 3-2 di Johann Cruijff Arena Amsterdam, Senin (14/6/2021) dini hari WIB. Kelima gol terjadi pada babak kedua.

Belanda langsung memberikan ancaman kepada Ukraina pada awal pertandingan. Pada menit kedua, penyerang Memphis Depay melepaskan tembakan ke gawang lawan, namun bisa diselamatkan kiper George Buschan.

Andriy Yarmolenko mencoba memberikan serangan balasan ke pertahanan Belanda pada menit keempat. Akan tetapi, sundulan Yarmolenko yang memanfaatkan sepak pojok belum membahayakan kubu Belanda.

Belanda bermain nyaman dengan hampir menguasai sebagian besar penguasaan bola., smentara Ukraina mengandalkan serangan balik. Tak ada gol tercipta di babak pertama.

Baca juga: Kandaskan Makedonia Utara 3-1, Austria Sementara Puncaki Grup C

Memasuki babak kedua Belanda masih mendominasi jalannya pertandingan dan mampu unggul 1-0. Kapten Timnas Belanda Georginio Wijnaldum akhirnya memecah kebuntuan menit 52. 

Gol berawal dari umpan silang mendatar dari Dumfries yang coba dihalau kiper Ukraina. Bola jatuh di kaki Wijnaldum yang langsung menjebloskan melalui tendangan terukur ke pojok kanan gawang.

Enam menut kemudian Wout Weghorst menambah nestapa Ukraina. Pemain Wolsburg itu memanfaatkan kemelut di depan gawang.Pemain Ukraina sempat protes karena menganggap ada yang offside. etelah melihat VAR, wasit mengesahkan gol, Belanda 2-0 Ukraina.

Ukraina coba membalas dan meningkatkan serangan. Hasilnya mereka mampu menyamakan kedudukan 2-2 Ukraina bahkan berhasil meyamakan kedudukan melalui gol Andriy Yarmolenko menit 75 dan sundulan kepala Roman Yaremchuk 4 menit kemudian.

Dumfries nampaknya menjadi bintang pada laga ini. Sundulan kepalanya memanfaatkan umpan Nathan Ake dari sayap kiri membawa Belanda Menang 3-2 atas Ukraina. ***

Klasemen sementara Grup C Euro 2020