Basarnas Minta Warga Jabar yang Mau Mendaki Gunung untuk Melapor Dulu, Cukup Hubungi 115

Basarnas Minta Warga Jabar yang Mau Mendaki Gunung untuk Melapor Dulu, Cukup Hubungi 115
ilustrasi./twitter

WJtoday, Bandung - Badan SAR Nasional (Basarnas) meminta warga yang akan melakukan pendakian untuk melapor terlebih dahulu. Pendataan diperlukan untuk memudahkan tim pencarian dan pertolongan jika terjadi sesuatu yang membutuhkan tim evakuasi.

"Kami berharap kepada organisasi, masyarakat, baik dari sekolah maupun komunitas pecinta alam kalau ada kegiatan ke gunung agar melapor dulu ke kami. Tolong lah, khususnya untuk yang akan mendaki di gunung yang ada di Jawa Barat," kata Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah, Senin (27/9/2021).

Dengan pendaki melakukan laporan kepada Basarnas, menurutnya, pihaknya juga bisa melakukan pemantauan dan pengawasan dari jauh. Pemantauan dilakukan dengan menghubungi perwakilan yang melakukan pendakian.

"Nanti kita minta siapa yang bisa dihubungi dari yang akan mendaki itu. Terus kemudian juga keluarganya. Untuk memudahkan mana kala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Untuk melaporkan kegiatan sebelum melakukan pendakian, menurutnya warga tidak harus langsung datang ke Kantor SAR. Yang bisa dilakukan adalah dengan melapor ke nomor layanan 115.

"Datang langsung ke kantor juga bisa, lewat telepon juga bisa. Mereka saat melapor akan kami edukasi dan kami berikan nomor untuk menghubungi saat terjadi apa-apa. Kami akan mengedukasi dengan senang hati," tutup Deden.***