Bareskrim Dalami Dugaan Alih Fungsi Aset Obligor BLBI

Bareskrim Dalami Dugaan Alih Fungsi Aset Obligor BLBI
Ilustrasi (antara)

WJtoday, Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri melakukan klarifikasi sejumlah pihak untuk mendalami dugaan tindak pidana peralihan fungsi aset obligor BLBI.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian menjelaskan, sejauh ini klarifikasi yang dilakukan terkait laporan yang didaftarkan Satgas BLBI. Namun, Andi belum dapat menyebut siapa saja pihak yang sudah diklarifikasi tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, laporan yang didaftarkan Satgas BLBI terkait alih fungsi aset di Lippo Karawaci. Laporan itu pun hingga saat ini masih dalam tahap penyelidikan.

“Masih penyelidikan, penyidik melakukan klarifikasi untuk melihat ada tidaknya peristiwa pidana dalam materi LP tersebut,” ungkap Andi saat dikonfirmasi, Selasa (28/9/2021).

Menurut Andi, sejauh ini belum ada laporan lainnya terkait dugaan tindak pidana alih fungsi obligor BLBI. Padahal, Satgas BLBI telah menyebut adanya alih fungsi di wilayah Jakarta Timur.

“Belum ada, masih satu,” sebut Andi.

Sebagaimana pemberitaan, Satgas BLBI mengaku menemukan adanya dugaan indikasi pengalihan aset di Jakarta Timur. Aset tersebut dialihkan dalam bentuk perumahan.

Pengalihan tersebut akan diserahkan penanganannya kepada Polri. Lalu, penyidik nantinya akan melihat bagaimana proses pengalihan terjadi.  ***