Barcelona Segera Umumkan Xavi Jadi Pelatih Anyar Klub

Barcelona Segera Umumkan Xavi Jadi Pelatih Anyar Klub
Pelatih baru Barcelona Xavi Hernandez. (marca.com)

WJtoday, Bandung - Xavi Hernandez akhirnya dipastikan resmi latih Barcelona menggantikan posisi Ronald Koeman yang resmi dipecat pekan lalu.

Negosiasi alot antara Barcelona dan klub yang sebelumnya ditangani Xavi, Al Sadd, akhirnya rampung. Klub papan atas Liga Qatar itu menyerah dan sepakat melepas sang pelatih, Jumat (5/11/2021).

Barcelona akan mengumumkan Xavi  sebagai pelatih pada Jumat (5/11) waktu setempat. Kabar tersebut datang karena dua petinggi Barcelona, Mateu Alemany dan Rafa Yuste telah berada di Doha, Qatar untuk membujuk Al-Sadd segera melepas Xavi. 

Menurut laporan Football Espana, Jumat (5/11), Barcelona akan mengumumkan Xavi sebagai pelatih. Pelatih berusia 41 tahun itu dikabarkan akan bertolak ke Spanyol bersama dua petinggi Blaugrana, Alemany dan Yuste.

Sebelumnya, Xavi dikabarkan sudah mengucapkan salam perpisahan kepada anak asuhnya usai Al Sadd bermain imbang 3-3 melawan Al Duhail dalam lanjutan Liga Qatar, Rabu (3/11).

Perwakilan Barcelona dikabarkan sudah berbicara dengan Al Sadd sejak beberapa hari lalu. Petinggi klub sempat menolak permintaan Barcelona namun akhirnya sepakat melepas sang pelatih yang memang sudah berniat pulang kampung.

"Al Sadd telah menyetujui kepindahan Xavi ke Barcelona setelah pembayaran klausul pelepasan yang ditetapkan dalam kontrak," keterangan resmi CEO Al Sadd Turki Al-Ali di Instagram.

"Kami telah menyepakati kerja sama dengan Barcelona di masa depan. Xavi adalah bagian penting dari sejarah Al-Sadd dan kami berharap dia sukses," tambahnya.

Xavi masih belum dapat menukangi Barcelona saat pertandingan melawan Celta Vigo dalam laga pekan ke-12 La Liga 2021-2022, Sabtu (5/11). Sebab dirinya masih harus menyelesaikan negosiasinya. 

Kemungkinan, Xavi sudah bisa mendampingi Barcelona pada laga berikutnya setelah jeda internasional selesai. Yaitu saat pertandingan melawan Espanyol yang dijadwalkan pada (21/11).

Xavi memang sudah sejak lama dikaitkan dengan Barcelona. Hal itu lumrah karena Xavi merupakan salah satu pemain legendaris di Barcelona, sama halnya seperti Koeman.

Semasa masih memperkuat Barcelona, peran Xavi di lini tengah tidak tergantikan. Ia jadi sosok penting dalam era keemasan Barcelona bersama Andres Iniesta dan Lionel Messi.  ***